Puluhan Panel Listrik di Jakpus Diganti

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Perindustrian Energi (PE) Jakarta Pusat mengganti 80 panel induk listrik di wilayah Jakarta Pusat. Penggantian ini dilakukan akibat adanya kerusakan panel, selain itu ada beberapa komponen di dalam panel dicuri.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) PE Jakarta Pusat, Iswandi mengatakan pihaknya telah melakukan pembelian panel induk listrik sebanyak 150 buah. Hingga saat ini sudah 80 panel yang dipasang untuk dilakukan pergantian lantaran yang lama mengalami kerusakan dan dicuri komponen dalamnya.

"Kerusakannya seperti berkarat, gemboknya dirusak dan belum lagi komponen dalamnya di curi," ucap Iswandi, Kamis (15/11).

Iswandi menambahkan dalam tiga bulan terakhir ini,  ada 4 panel induk listrik yang rusak akibat ditabrak kendaraan. Seperti di wilayah Tanah Abang panel mengalami kerusakan baik ditabrak kendaraan ataupun dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

"Selain Tanah Abang ada juga, Kemayoran, Sawah Besar yang banyak diganti panelnya," jelasnya.

Iswandi menegaskan,  sangat menyayangkan adanya panel listrik dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sebab, panel ini merupakan alat penyaring listrik dari kabel induk PLN sebelum terbagi - bagi ke rumah warga.

"Satu panel ini bisa menerima arus lisrik sebesar 63 amper yang setara bisa menghidupi 1 RW di wilayah. Saya berharap masyarakat bisa menjaga panel tersebut dari orang yang suka merusak ataupun mencuri," tutupnya.

Komimfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait