Puluhan Tahun Tak Terurus Kali Mati Dinormalisasi

Jakarta Pusat, -- Petugas Suku Dinas Tata Air  Jakarta Pusat (Jakpus) bersama Kecamatan Tanah Abang, Jakpus melakukan normalisasi Kali Mati yang berada di Jalan Tanah Renah, Kelurahan Lampung Bali, Tanah Abang, Jakpus, akibat sudah puluhan tahun terbengkalai.

Camat Tanah Abang Dedi Arif Darsono menerangkan, upaya normalisasi Kali Mati ini dilakukan guna mengembalikan kembali fungsi Kali Mati yang selama ini tertutup lumpur. Akibatnya, kali ini tidak dapat dialiri air. Padahal fungsi dari anak Kali Krukut ini sangat penting guna mencegah banjir di pemukiman warga sekitar. Menurut pengakuan warga, lanjut dia, kali ini sudah 30 tahun tidak dialiri air.

"Tiga puluh tahun itu bukan waktu yang sedikit loh. Kok bisa ya kali ini menjadi kering," ucap Dedi saat ditemui di lokasi, Jumat (27/1).

Dedi menerangkan, untuk mengembalikan fungsi Kali Mati seperti dulu, petugas Tata Air Jakpus langsung melakukan pengerukan air dan lumpur. Menurutnya, setelah upaya pengerukan lumpur ini dilakukan, diharapkan air di Kali Mati bisa mengalir seperti dulu. Kedepannya, petugas akan melakukan pengecekan rutin di Kali Mati, untuk memastikan sedimentasi lumpur tidak berlanjut.

“Sedimentasi di Kali Mati ini sangat tinggi, bahkan kami harus mengerahkan satu traktor amphibi dan petugas untuk mengeruk sedimentasi yang ada di dalam,” terangnya.

Selain melakukan pengerukan, beberapa bangunan yang berada di sisi kali turut dibongkar agar petugas mudah melakukan pembersihan. Beberapa jembatan kecil yang dibuat warga pun turut dibongkar agar traktor bisa melintas.

"Beberapa jembatan yang dibangun warga tidak berfungsi lagi. Makannya kita bongkar saja," tutupnya.

 

Kominfotik Cds-Nel


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait