Puskesmas Kemayoran Dinilai Tim Surveyor Akreditasi FKTP

Jakarta Pusat, -- Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, dinilai tim surveyor Akreditasi Fasilatas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari kementerian kesehatan. Tim Surveyor berjumlah tiga orang tersebut di pimpin, Tanti Oktriani serta dibantu oleh Sri Baghardini dan Hamdani Oesman.

Tim surveyor FKTP tersebut diterima langsung Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede didampingi Ka.Sudin Kesehatan, Yudhita dan Camat Kemayoran, Herri Purnama di ruang Pola Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Kamis (24/8).

Menurut Ketua Tim Surveyor Akreditasi FKTP, Tanti Oktriani, kedatangannya ke Puskesmas Kemayoran ingin melihat secara dekat, bagaimana pelayanan Puskesmas. Kemudian nantinya dinilai untuk mendapatkan Akreditasi sesuai standar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan Permenkes No. 46/ 2015.

Dikatakan, adapun tujuan dari tim surveyor untuk melihat pelayanan yang ada di Puskesmas Kemayoran selama tiga hari. Nanti bagaimana pelayanan di sini kami  laporkan ke komisi, setelah itu komisi akreditasi yang akan menentukan tingkat kelulusan akreditasinya, apakah itu  madya, utama, paripurna, atau dasar, papar Tanti.

Sementara itu Wali Kota Jakpus, Mangara Pardede, mengatakan,  tahun 2016 dari delapan Puskesmas kecamatan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat, tiga diantaranya sudah terakreditasi yaitu Puskesmas Kecamatan Senen, Puskesmas, Gambir dan Puskesmas Menteng. Sementara untuk tahun 2017 Puskesmas Kecamatan Johar Baru sudah terakreditasi.

Saat ini, Puskesmas Kemayoran akan disurvei akreditasinya. Sedangkan tiga Puskesmas kecamatan lainnya dan sembilan Puskesmas kelurahan sedang diproses persiapan akreditasi, tutur Mangara.

Saya sangat mengapresiasi serta mendorong kelancaran proses pelaksanaan akreditiasi Puskesmas, karena dengan dilihatnya secara langsung oleh tim surveyor akriditasi FKTP maka akan terukur tingkat kesesuaian sistem manajemen pelayanan dan program Puskesmas.

Mangara mengharapkan, Puskesmas Kemayoran setelah nanti mendapatkan  kelulusan akreditasi dalam pelayanan kesehatan, kedepan agar semakin bermutu dan kinerja Puskesmas lebih ditingkatkan lagi, ucapnya.

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait