RW Kumuh di Jakpus Akan Ditata

Jakarta Pusat, -- Dua RW kumuh di wilayah Jakarta Pusat, akan ditata Sudin Perumahan dan Gedung Jakarta Pusat (Jakpus) 2018 mendatang.

Kepala Sudin Perumahan Gedung (Pemda) Jakarta Pusat, Edy Suryaman, mengatakan penataan wilayah kampung kumuh tersebut merupakan program Pemprov DKI. Adapun tujuan tersebut, untuk menjadikan pemukiman yang ada lebih bersih, sehat dan tertata.

"Sebenarnya wilayah lain sama. Tapi di Jakarta Pusat, lokasinya ada di RW12 Kelurahan Duri Pulo serta RW06 dan 07 Kelurahan Galur. Tapi yang di RW07 Kelurahan Galur, untuk kajiannya saja. Karena, fisik atau pembangunannya digabung dengan RW06," papar Edy.

Lebih lanjut dikatakan Edy, bahwa program penataan kampung kumuh tersebut sangat berbeda dengan program kampung deret.

"Kampung deret itu kan hanya rumahnya saja yang dibangun, tapi kalau ini semua aspek seperti saluran air, jalan hingga instalasi pengelolaan air limbah ikut dibangun," paparnya.

Sementara itu, mengenai pemilihan lokasinya sendiri, sambung Edi, dilakukan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat, dimana ketiga RW tersebut merupakan wilayah paling kumuh dan padat di Jakarta Pusat.

"Memang sesuai temanya, lokasi yang dicari pun pemukiman dengan tingkat paling kumuh dan padat," tandas Edy.

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait