Ranjau Paku, Sehari Sudinhub Jakarta Pusat Dapatkan 1 Kilogram Paku

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 1 Kilogram paku berhasil diamankan Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Pusat dalam setiap harinya. Paku tersebut didapat dari beberapa titik di wilayah Jakarta Pusat. Antara lain di Jalan Medan Merdeka Utara, Merdeka Barat, Jalan Veteran, Jalan M. H. Thamrin, dan Jalan K.H Hasyim Azhari, Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Perhubungan (Kasudinhub) Jakarta Pusat, Harlem Simanjuntak dalam operasi paku yang dilakukan, Kamis (10/3) mengatakan pihaknya setiap hari mendapatkan paku. Operasi ini dilakukan karena banyak sekali laporan masyarakat yang kendaraannya, baik roda dua atau lebih selalu kempes setelah melintasi jalan tersebut.

"Liat aja di Jalan Medan Merdeka Utara depan Istana Negara RI paku banyak ditebar di pinggir jalan. Terus diseputaran Roxy Mas paku juga cukup banyak. Dalam satu hari kita bisa mendapatkan kurang lebih 1 Kg paku yang masih bening. Ukurannya beragam mulai dari 5 - 10 centimeter,” ucap Harlem kepada Humas Kominfo Jakarta Pusat, Kamis (10/3) siang.

Untuk bisa mendapatkan paku yang bertebaran di jalan, pihak Sudinhub melakukan modifikasi terhadap kendaraan operasinya.  Dengan menggunakan plat baja yang sudah dimodifikasi dengan magnet, agar paku bisa melekat serta diberikan tulisan "sterilisasi ranjau paku".  Plat itu juga diberikan roda agar dapat ditarik kendaraan operasinal dibeberapa titik.

"Petugas juga ikut menyisir jalan. Tujuannya paku yang tidak terangkat atau terjangkau bisa dipungut. Dalam setiap operasi kita selalu kerahkan 6 petugas,” terangnya.

Sementara itu, Karni (34) warga Matraman Dalam, mengatakan sering sekali melihat pengendara roda dua terpaksa menenteng kendaraan mereka karena ban bocor, Hal yang sama juga terjadi pada kendaraan roda empat, tapi jauh lebih sedikit dibanding roda dua. 

"Masalah ranjau paku sebenarnya sudah lama terjadi. Tapi memang masalah tersebut belum dapat hilang secara penuh karena pelaku penebar paku belum juga tertangkap. Saya berharap jajaran kepolisian bisa melakukan penindakan dengan menyebar tim mereka agar penebar paku bisa dijaring," tegasnya. (Christ)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait