Ratusan Satgas Tata Air Jakpus Keruk Phb Serdang

Jakarta Pusat, -- Antisipasi terjadinya banjir dan genangan, ratusan Satuan Petugas (Satgas) Tata Air Jakarta Pusat diterjunkan melakukan pengerukan saluran Phb Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (4/12). Pekerjaan dilakukan petugas secara manual yang dipimpin langsung Wakil Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara.

Bayu mengatakan pengerjaan saluran ini merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat yang dilakukan oleh Suku Dinas (Sudin) Tata Air Jakarta Pusat. Tujuan pengerjaan ini untuk penurunan dasar saluran sehingga air dari hilir yaitu Cempaka Baru agar dapat mengalir lancar ke rumah pompa statsioner Cempaka Baru.

"Kita ingin saluran Phb tidak ada yang tersendat alirannya, makanya kita keruk," ucap Bayu di lokasi, Minggu (4/12).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Jakarta Pusat Dicky Suherlan mengatakan pengerukan ini dilakukan secara manual dengan menerjunkan 300 lebih petugas. Pekerjaan ini meliputi tiga kelurahan, seperti Serdang, Cempaka Baru, dan Sumur Batu.

"Sedimen berupa lumpur, krikil berhasil kita angkut dengan panjang aliran 650 meter. Truk yang kita siapkan 12 dengan kapasitas 6 kubik per truk," jelas Dicky di lokasi. Dicky menambahkan, keberadaan bangunan yang ada di atas turap saluran Phb sangat menggangu aliran dan pemeliharan saluran.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait