Ratusan pelajar SDN Menteng 02 Pagi cuci tangan

Jakarta Pusat, -- Sekitar 400 pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Menteng 02 Pagi melakukan aksi gerakan cuci tangan pakai sabun, di halaman sekolah tersebut, Jum’at ( 16/10). Kegiatan tersebut di gelar oleh Sudin Kesehatan Jakarta Pusat dan dibuka langsung oleh Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Pusat, Zaenal didampingi Ka.Bag Kesejahteraan Sosial (Kesos), Prasetyo.

Sekretaris Kota (Seko) Jakpus, Zaenal, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Cuci tangan pakai sabun, karena kegiatan ini tujuannya sangat baik yaitu untuk meningkatkan kesadaran pada orang tua, keluarga dan masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak serta menumbuhkan kesadaran akan gerakan cuci tangan menjadi kebiasaan pola hidup sehat, jelasnya.

Dikatakan, dalam hal mencuci tangan jangan dianggap remeh, mungkin langkah ini dipandang sederhana namun sangat efektif untuk mencegah penyakit yang dapat mematikan jutaan anak-anak di dunia, ujar Zaenal.

Oleh karena itu kepada orang tua, guru, serta anak-anak mulai sekarang supaya membiasakan perilaku mencuci tangan pakai sabun pada ruang lingkup kecil seperti keluarga. Dengan mencuci tangan pakai sabun diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit yang berkaitan dengan air, sanitasi dan perilaku hidup bersih dan sehat, ujarnya.

“ Ingatkan anak-anak agar selalu cuci tangan pakai sabun sebelum makan maupun kegiatan lainnya, beri contoh secara langsung, agar kebiasaan baik ini jadi budaya dimasyarakat, tambahnya.

Ka.Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, Yudhita Endah menjelaskan kegiatan CTPS sangat penting disosialisasikan khususnya bagi anak-anak usia sekolah dasar. “ Karena kelompok ini sangat rentan yang berdampak pada kematian di bawah lima tahun akibat penyakit,” ujarnya.

Tidak hanya kepada anak-anak saja yang diberikan sosialisasi CTPS tetapi kepada tenaga profesional dan kaum ibu yang memiliki mobilitas tinggi perlu juga mengetahui arti penting mencuci tangan pakai sabun, untuk mencegah dari penyakit. “ Cuci tangan pakai sabun cukup dilakukan 20 menit saja dan tidak diperlukan biaya besar, tegas Yudhita.

Kegiatan cuci tangan yang diikuti ratusan pelajar SDN Menteng 02 pagi dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se Dunia 2015, yang jatuh pada tanggal 15 Oktober kemaren, tambah Yudhita. (AD)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait