Ratusan warga Cempaka Putih Barat terjaring biduk

Jakarta Pusat, -- Ratusan warga Cempaka Putih Barat, Cempaka Putih, terjaring operasi Bina penduduk (Biduk) yang digelar Sudin Dukcapil Jakarta Pusat, Selasa sore (18/8). Mereka langsung mengurus Surat Keterangan Domisili Sementara ( SKDS ) di mobil Layanan yang disediakan.

Operasi Biduk  dipimpin Ka.Sudin Dukcapil Jakarta Pusat. Warisih bersama Lurah Cempaka Putih Barat, Fetaria dan Ka.Sie TU Dukcapil, Miskam menyisir, kawasan padat penduduk di RW. 011 Cempaka Putih Barat. “ Operasi Biduk ini sifatnya pembinaan, supaya warga pendatang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Nantinya diharapkan tidak ada lagi warga asli atau pendatang yang tidak berindentitas atau tidak terdaftar di administrasi kependudukan,” jelas Warisih.

Menurut Warisih, operasi biduk yang digelar di RW.011 Kel. Cempaka Putih Barat berhasil menjaring 123 pendatang baru terdiri dari 72 perempuan dan 51 Laki-laki. Dalam operasi Biduk mengerahkan 25 personil terdiri dari anggota Satpol PP Kec.Cempa Putih, Polisi, TNI dan petugas Dukcapil.

Lebih lanjut, Warisih mengatakan, operasi Biduk di wilayah Jakarta Pusat, pasca lebaran ini merupakan yang ketiga kali setelah di wilayah Mangga Dua Selatan, Sawah Besar dan Kebon Melati, Tanah Abang dan rencananya hari ini biduk akan di gelar di Wilayah Kebon Kelapa,Gambir. “ Operasi Biduk di gelar mulai pukul 16.00 hingga 20.00 malam, ucapnya.

Operasi Biduk pasca lebaran yang telah memasuki putaran ketiga,  yang di gelar Sudin Dukcapil Jakarta Pusat, tercatat sudah 347 warga pendatang baru yang mendapatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) lembar dengan rincian laki-laki 181orang dan perempuan 166 orang. Sebagian besar dari mereka ada yang datang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat serta dari daerah luar lainnya yang datang ke Jakarta untuk mencari kerja, tambah Warisih.

Ani, 23, seorang gadis dari Indramayu, Jawa Barat, “ sangat bersyukur dengan adanya Biduk ini, karena tidak lagi menjadi pendatang gelap di Jakarta.  Saya datang ke Jakarta ingin mencari pekerjaan, sebab  lihat teman-teman saya yang bekerja di Jakarta banyak berhasil. “ Yah mudah-mudahan saya cepat dapat pekerjaan, ucap Ani yang mempunyai Ijazah SMA. (AD)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait