Rawan Kebakaran, PPSU Kelurahan Senen Dapat Pelatihan

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 39 petugas Pekerja Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Senen, Jakarta Pusat mendapat pelatihan pemadaman kebakaran. Latihan dilakukan di halaman kantor Kelurahan Senen oleh Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Jakarta Pusat, Senin pagi (13/6).

Menurut Lurah Senen, Alfalast pelatihan pamadam kebakaran kepada petugas PPSU dalam antisipasi kebakaran di Kelurahan Senen. Apalagi Kelurahan Senen, merupakan pemukiman padat penduduk khususnya di RW 04, sebagian rumah mereka terbuat dari bahan yang mudah terbakar.

Alfalast menjelaskan pelatihan yang diterima petugas PPSU dari petugas pemadam kebakaran Jakarta Pusat adalah bagaimana cara memadamkan kebakaran dini  dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) juga dengan menggunakan karung basah.

“Kami senang petugas PPSU kami diberikan pelatihan. Jadi, jika terjadi kebakaran, PPSU kami dapat menangani kebakaran terlebih dahulu sebelum petugas pemadam kebakaran datang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasional Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Muchtar Zakaria mengatakan pelatihan kepada PPSU memang kini ditingkatkan. Alasannya mereka (PPSU) selalu ada di lapangan yang bisa dengan cepat membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan api sebelum petugas datang ke lokasi.

“Kita akan latih semua PPSU di kelurahan Jakarta Pusat. Pelatihan mencakup pengenalan perangkat, sarana dan prasarana pemadam kebakaran yang ada di tempat warga. Dan cara memadamkan api dini dengan menggunakan karung basah dan APAR,” paparnya. (Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait