Revitalisasi Lapangan Banteng Dimulai

Jakarta Pusat, -- Proyek revitalisasi Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (Jakpus) oleh Dinas Kehutanan dan Pemakaman DKI Jakarta telah dimulai sejak 1 September lalu. Sejumlah fasilitas pendukung akan dibangun untuk mempercantik kawasan tersebut.

Kepala Bagian Pertamanan Dinas Kehutanan dan Pemakaman DKI Jakarta Levi menerangkan, proses revitalisasi di lapangan banteng ini terbagi menjadi dua komponen yakni perbaikan pagar dan desktop yang membutuhkan dana kurang lebih Rp 8 milyar, dan komponen kedua merupakan perbaikan fasilitas olahraga, air dan taman yang membutuhkan dana sekitar Rp 6,1 milyar. Semua dana untuk pembangunan ini tidak mengunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melainkan dana Kelebihan Pelampauan Nilai KLB.

“Sejauh ini tidak ada kendala dalam proses revitalisasi ini, kita targetkan Maret 2018 pengerjaan revitalisasi ini rampung,” terangnya dalam Rapim (12/9).

Terkait konsep dan fasilitas pendukung program revitalisasi Lapangan Banteng ini menurutnya, pihaknya akan tetap mempertahankan monumen bersejarah pembebasan irian barat dan mempercantik monumen tersebut dengan pembuatan kolam air dilingkapi air mancur yang indah, pembuatan pedestrian, jogging track, teater area yang dapat digunakan untuk pertunjukan maupun acara, parade bendera yang dapat dijadikan kegiatan penyambutan tamu negara saat pertandingan olah raga international, penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di kawasan tersebut. Pihaknya juga akan mempertahankan lapangan olah raga, dengan menambahkan pedestrian disisi lapangan.

“Jadi kita ingin menonjolkan monumen pembebasan Irian Barat ini yang selama ini tertutup pepohonan, ini akan kita buka dan kita percantik agar masyarakat dapat berekreasi sekaligus berolahraga di kawasan tersebut,” terangnya.

Pihaknya juga meyakini usai direvitalisasi, kawasan Lapangan Banteng ini akan menjadi kawasan destinasi wisata baru setelah Monas.

Sementara itu, Wali Kota Jakpus Mangara Pardede menegaskan akan mendukung sekaligus membantu proses revitalisasi Lapangan Banteng tersebut. Pihaknya mengharapkan dengan revitalisasi Lapangan Banteng ini dapat memperindah kawasan Jakpus, sekaligus mengingatkan dan mengedukasi masyarakat mengenai sejarah pembebasan irian barat.

“Kalau ada yang perlu didukung Pemkot Jakpus, silahkan sampaikan kami siap mendukung,” tegasnya.

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait