Ribuan Ikan Ditebar di Kolam Masjid Akbar Kemayoran

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menebar 20 ribu ekor bibit ikan nila dan 5 ribu ikan lele di Masjid Akbar Rw 07 Kel. Kebon Kosong, Kemayoran,

Kamis (15/3). Selain penebaran ikan, Pelatihan budidaya sayur dan ikan pun diberikan ibu-ibu majlis taklim Masjid Akbar Kemayoran, PKK RT/RW, orang tua murid sekolah TK serta warga masyarakat RW.07 dalam kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Asisten Kesejahtraan Rakyat Jakpus, Fahmi sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini dalam rangka memanfaatkan ruang-ruang kosong untuk kegiatan produktif seperti kolam gizi. Jenis ikan yang dipilih dalam budidaya ini merupakan ikan yang bandel dan kuat, sehingga diharapkan dapat memberikan banyak manfaat untuk warga sekitar.

“Jenis ikan yang ditebar ini banyak manfaatnya, selain dapat beradaptasi hinga berkembang biak, juga kaya protein dan gizi yang nantinya dapat dikonsumsi oleh masyarakat banyak,“ ucapnya di lokasi

Pihaknya pun meminta masyarakat untuk menjaga dan merawat ikan tersebut sampai waktu panen. Pihaknya memperkirakan dalam 3 bulan kedepan ikan lele sudah dapat dipanen, sementara ikan nila dapat dipanen setelah 6 bulan.

“Warga boleh menangkapnya jika sudah waktunya namun dengan pancingan tidak boleh menggunakan jala apalagi menyetrum, sehingga masyarakat dapat menikmatinya,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kasudin KPKP Jakpus, Bayu Sari menambahkan, akan memanfaankan lahan kosong  yang ada di timur dan barat masjid Akbar seluas 4.120 meter untuk penanaman sayuran umur pendek, mengingat lahan ini katanya dalam waktu akan dimanfaatkan oleh PPKK. Adapun jenis sayuran yang ditanam yaitu, kangkung, bayam, sawi hijau, cabe dan lain-lain.

“Yang penting jenis sayurannya usia pendek, agar nantinya bisa dikonsumsi sendiri atau untuk menambah penghasilan“ terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni menerangkan saat ini Dinas KPKP tengah memprioritaskan program perikanan dan pertanian kota dengan menghijaukan gang-gang sempit termasuk di wilayah Jakpus. Tahun ini ada 160 gang di DKI Jakarta yang menjadi target penghijauan.

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait