Ribuan Usulan Akan Masuk Musrenbang Tingkat Kelurahan

Jakarta Pusat, -- Sebanyak  4295 usulan akan dibahas pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kelurahan se - Jakarta Pusat (Jakpus) yang akan berlangsung selama dua minggu ke depan.

Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Jakpus Ahmad Saelani menerangkan, kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan ini telah dilakukan sejak 26 Januari hingga 09 Februari mendatang.  Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rembuk RW yang diadakan beberapa waktu lalu. Dimana usulan dari rembuk RW tersebut akan ditindaklanjuti, diterima atau ditolak.

"Apabila diterima, usulan tersebut langsung diteruskan pada Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) teknis. Tetapi jika ditolak pihak Kelurahan harus memberikan penjelasan mengapa usulan tersebut di tolak," papar Saelani saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (29/01).

Pihaknya menjelaskan usulan warga dalam Musrenbang yang paling tinggi berada pada UKPD Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA), Sudin Binamarga, Suku Dinas Perhubungan.  Sementara total anggaran yang diusulkan dalam penyelesaian Musrembang sebesar Rp 841.524.148.281miliar.

"Anggaran itu bukan hanya tiga UKPD yang di atas saja tapi seluruhnya yang dibahas dalam Musrenbang. Setelah pembahasan tingkat kelurahan baru masuk ke tingkat kecamatan," jelasnya.

Sailani juga menghimbau, agar pelaksanaan Musrenbang kelurahan ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Agar usulan yang diberikan pun lebih berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat. Sebab, usulan itu akan menjadi rencana kerja UKPD Teknis pada 2019 mendatang, disamping adanya rencana kerja yang berasal dari kajian teknis UKPD sendiri.

“Makanya, usulan ini harus matang dari awal, jangan sampai seperti dulu. Usulan ditampung sebanyak-banyaknya tenyata banyak ditolak. Sehingga memang harusnya matang dari bawah sehhingga akurasi data dan usulannya bagus, kemudian bisa diterima,” tegasnya.

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait