Rusun Hijau Kebon Kacang Masuk dalam Program KKB

Lurah Kebon Kacang, Aiman Abdul Latif, saat ditemui di kantor kelurahan setempat, Senin (8/4). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Warga yang tinggal di Rumah Susun (Rusun) Tanah Abang melakukan penghijauan di wilayahnya, walaupun tidak memiliki Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), RW 10 Kelurahan Kebon Kacang, Tanah Abang, Senin (8/4).

Menurut, Lurah Kebon Kacang, Aiman Abdul Latif, langkah penghijauan ini dengan menanam tanaman produktif, seperti toga dapat mengantikan fungsi RPTRA untuk ruang interaksi warga agar wilayah tersebut asri dan nyaman.

"Di sini itu memang tidak ada lahan lagi. Tapi adanya penghijauan ini warga sangat senang bisa saling berbagi hasil panen. Dan kami harap RW lain dapat mencontoh," ucapnya, saat ditemui di kantor kelurahan setempat.

Untuk itu, lanjutnya, RW 10 Kelurahan Kebon Kacang dimasukan kedalam program Kampung Kota Bersama (KKB).

Sementara itu, Ketua RW 10 Andi Awaluddin menuturkan, luas lahan penghijauan di rusun mencapai 300 meter. Dan kini sudah ada 50 jenis tanaman toga dan 20 macam tumbuhan produk.

Andi mengaku, meskipun penghijauan tersebut sudah dirasakan hasilnya namun, dia terus memberikan ajakan kepada warganya untuk lebih berperan aktif.

"Kami tidak pernah berhenti memberikan sosialisasi di kegiatan RT dan RW. Dengan cara beritahukan manfaat yang diperoleh dari penghijaun produktif serta membedakan hasilnya dengan sayuran-sayuran di pasaran. Kualitas tanaman di sini juga sangat terjaga karena dirawat langsung oleh warga," tandasnya. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait