SDA Normalisasi Saluran Jalan Matraman Dalam

Satuan Pelaksana Tugas (Satpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Menteng melakukan normalisasi saluran di Jalan Matraman Dalam I, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Satuan Pelaksana Tugas (Satpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Menteng melakukan normalisasi saluran di Jalan Matraman Dalam I, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/4).

Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) SDA Kecamatan Menteng, Yopi menerangkan, normalisasi dan penutupan saluran menggunakan plat penutup atas permintaan warga. Kegiatan ini meliputi RW 08 di RT 05, 06, 07 dengan lebar saluran 40 centimeter, kedalaman 40, dan panjang 400 meter terbagi dua sisi.

"Kegiatannya baru dua minggu dikerjakan oleh Satuan Tugas (Satgas) SDA Kecamatan Menteng berjumlah 13 orang," ucap Yopi.

Pengerjaan normalisasi hingga penutupan saluran menggunakan plat beton ditargetkan rampung pada pertengahan Mei 2019. Penutupan saluran dilakukan karena adanya permintaan warga lantaran banyak anak kecil yang terperosok ke dalam saluran.

"Iya kita tutup biar tidak ada lagi anak-anak terjatuh ke saluran," terangnya.

Dalam pengerjaan saluran tersebut, kata Yopi, jajaran juga mengalami hambatan seperti, ada beberapa rumah yang bangunannya berada di atas saluran sehingga menyulitkan petugas.

"Ada beberapa bangunan yang dibongkar, tapi yang bongkar PPSU Kelurahan Pegangsaan setelah melewati musyawarah warga dengan pihak kelurahan. Setelah dibongkar baru kita langsung kerjakan normalisasi saluran," jelasnya.

Di tempat terpisah, Lurah Pegangsaan Suprayogi mengatakan, telah melakukan pendekatan secara persuasif kepada warga yang rumahnya terkena pembongkaran dalam normalisasi saluran.

"Ada beberapa rumah yang dapur dan terasnya dibongkar. Ini dilakukan karena bangunan mereka tepat berada di atas saluran," terangnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait