Saluran PHB Abdul Latif Dikuras

Satpel SDA Kecamatan Tanah Abang, melakukan pengerukan lumpur di saluran lingkungan dan penghubung (PHB) Jalan Abdul Latif RW 07, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (26/3). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Satuan Pelaksana Tugas Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Tanah Abang, melakukan pengerukan lumpur di saluran lingkungan dan penghubung (PHB)  Jalan Abdul Latif RW 07, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (26/3).

Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) SDA Kecamatan Tanah Abang, Junjung menerangkan bahwa jajaranya tengah lakukan pengerukan saluran dengan panjang saluran mencapai 850 centimeter tersebut sudah berjalan satu bulan dengan mengerahkan 25 petugas Satuan Tugas (Satgas).

"Lebar saluran yang kita keruk bervariasi, mulai dari 60 hingga 80 centimeter. Saat ini masih terus dilakukan pengerukan oleh Satgas kami," ucap Junjung saat diwawancarai di sela-sela pengerukan.

Junjung menambahkan bahwa jumlah material lumpur yang sudah berhasil terkuras mencapai 150 meter kubik. Ditargetkan pertengahan April 2019 pengerjaan dapat tuntas.

"Semua lumpur kita buang ke wilayah PLTU Jakarta Utara," ungkapnya.

Menurutnya, posisi saluran yang berada ditengah pemukiman di mana kendaraan roda empat tidak dapat masuk menjadi salah satu kendala. Pasalnya, lanjut Junjung, saat Satgas melakukan pengerukan lumpur yang dimasukkan ke dalam karung kemudian dibawa ke jalan besar agar bisa masuk ke dalam truk.

"Jadi pas mengeruk, kita bawa ke jalan besar. Di situ kita sisihkan dulu agar air keluar dari karung yang hanya sisa material lumpur saja. Sesudah itu baru kita masukkan ke dalam truk," tutupnya. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait