Sambut HUT DKI Jakarta Djarot Ziarah Ke Makam MH Thamrin

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka menyambut HUT Kota Jakarta ke 490, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat melakukan ziarah ke makam salah satu pahlawan betawi Muhammad Husni (MH) Thamrin. 

Dalam kesempatan itu, Djarot mengungkapkan sosok Thamrin merupakan pahlawan penting dan berjasa bagi kemerdekaan sekaligus bagi pembangunan kota Jakarta. 

“Kami berziarah ke makam pahlawan untuk mendo’akan agar arwah almarhum diterima di sisi Allah SWT," jelas Djarot didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Saefullah dan Asisten Kesra DKI Jakarta, Fatahillah di dampingi Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede dihadiri seluruh SKPD/UKPD se DKI Jakarta di makam MHTahmrin di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jum’at (16/1) 

Lebih lanjut Djarot mengungkapkan, pada usia 25 tahun Thamrin dikenal sebagai pendiri organisasi politik perkumpulan Kaum Betawi . Organisasi itu kemudian berjuang untuk menuntut pemerintah kolonial membangunan infrastruktur yang menguntungkan rakyat Jakarta.           
 
“Salah satu hasil perjuangan organisasi itu adalah fasilitas penyediaan air bersih Penjernihan di Jakarta Pusat. Maka dari itu sebagai warga Jakarta kita harus mengenang dan menghormati beliau. Beliau adalah orang berjasa luar biasa yang telah mendahului kita," ujar Djarot. 

Selain berziarah ke makam MH Thamrin, Djarot beserta jajarannya berziarah ke makam seniman Ismail Marzuki di lokasi yang sama. Menurutnya, kegiatan ziarah yang dilakukan oleh pegawai Pemprov DKI ini merupakan tradisi rutin  dalam rangka merayakan HUT kota Jakarta. Perayaan HUT ke-490 yang jatuh pada tanggal 22 Juni mendatang.  

Kominforik JP/Day/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait