Sambut Hari Rabies Dunia, Sudin KPKP Jakpus Gelar Vaksinasi Hewan

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka memperingati hari rabies sedunia, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar vaksinasi rabies gratis.

Vaksinasi gratis ini ditujukan bagi hewan peliharaan warga Kelurahan Mangga Dua Selatan (Madusela). Kegiatan tersebut berlangsung di taman Pangeran Jayakarta, Rabu ( 3/10/2018 ). 

Wali Kota Jakpus, Bayu Meghantara mengatakan vaksinasi rabies gratis ini dilakukan dengan penyuntikan pada Hewan Penular Rabies (HPR) seperti kucing, kera, anjing dan musang. Vaksinasi gratis ini, ditargetkan mencapai 60-70 hewan peliharaan. Pihaknya juga berencana memvaksin hewan liar yang ada di wilayah Jakpus. 

"Kedepannya, bukan hanya hewan peliharaan saja, tetapi juga hewan liarpun akan diinvetaris dan  diperiksa kesehatannya agar Jakpus bisa mempertahankan bebas rabies," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Kasudin KPKP Jakpus Bayu Sari Hastuti menjelaskan vaksinasi  rabies ini akan dilakukan door to door di 8 Kecamatan sebagai upaya mempertahankan bebas rabies di wilayah Jakpus.  

"Esok, vaksin akan dilakukan di wilayah Sumur Batu, Kemayoran," terangnya. 

Sementara itu, pihaknya merinci telah memberikan vaksinasi rabies gratis pada  3.866 HPR; terdiri dari 1.928 ekor anjing, 1.900 ekor kucing, 21 ekor kera dan 17 ekor musang. 


Kominfotik JP/Day/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait