Seabad Gulkarmat Diharapkan Terus Berkomitmen Lindungi Masyarakat

Hari Ulang Tahun (HUT) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Jumat (1/3). Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Sekertaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Saefullah mengharapkan jajaran Dinas Gulkarrmat terus berkomitmen melindungi masyarakat.

Selama ini, lanjut Saefullah, para petugas Gulkarmat telah berupaya mewujudkan perlindungan dan penanganan bahaya kebakaran, serta berbagai penyelamatan.

Ke depan, pihaknya akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas di lapangan serta peningkatan sarana dan prasarana petugas saat penyelamatan.

"Apresiasi untuk seluruh jajaran petugas Gulkarmat yang telah mengabdi dengan tulus melakukan berbagai aksi penyelamatan," ungkap Saefullah, saat apel peringatan Seabad Dinas Gulkarmat, Jumat (1/3).

Sementara itu, Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Hardisiswan mengharapkan para anggota Sudin Gulkarmat Jakpus dapat meningkatkan profesionalitas sehingga meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.

Hardisiswan menerangkan, esensi dari seabad Gulkarmat ini kan berawal pada saat kebakaran besar di Batavia tahun 1919, di mana saat itu cikal-bakal petugas pemadam kebakaran lahir. Sepuluh tahun berikutnya, 1929 rakyat Batavia membuatkan prasasti untuk petugas pemadam kebakaran sebagai bentuk apresiasi.

“Setelah satu abad berlalu saya mengharapkan jajaran Sudin Gulkarmat Jakpus dapat terus eksis, terus berbuat untuk masyarakat memberikan pelayanan dan perlindungan pada masyarakat dengan tulus dan ikhlas,” jelasnya didampinggi Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakpus, Sarifudin.

Di tempat yang sama, Brig. General (FD) Emergency Management and Civil Defence Attaché Regional Advisor for Singapore and ASEAN Countries French Embassy, Eric Peuch sangat mengapresiasi perayaan seabad petugas Gulkarmat.

Dirinya sangat bangga dan senang dapat menghadiri seabad Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, dengan perayaan seabad ini juga membuka hubungan pertemanan dan kerjasama antara Dinas Gulkarmat Jakpus dengan tim pemadam kebakaran Prancis.

“Tahun ini kita berencana mengadakan pelatihan kebakaran di Bali, saya mengharapkan petugas Dinas Gulkarmat Jakpus dapat bergabung. Apalagi saat ini DKI Jakarta tengah melakukan pembangunan infrastruktur,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, PLT Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Subejo,  Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, dan Camat Gambir, Fauzi. (As)

 

 

 

Kominfotik JP/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait