Sebanyak 1.200 Murid Sekolah Dasar Ikut Safari Kampanye Gemarikan

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara beserta jajarannya berdampingan dengan anak sekolah dasar saat safari kampanye Gemarikan, di Lapangan Bola VIJ, Gambir, Rabu (17/7). Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Guna meningkatkan gizi pada anak usia dini, sebanyak 1.200 murid Sekolah Dasar (SD) mengikuti Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) 2019 di Lapangan Bola VIJ, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17/7).

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan dengan mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan anak terlebih dikonsumsi sejak dini. Dalam hal ini orang tua juga harus kreatif dalam mengolah bahan makanan dari ikan.

"Ikan itu kandungannya sangat tinggi untuk kesehatan, dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Maka dari itu konsumsi ikan itu sangat baik," ucap Bayu.

Sementara itu, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat, Bayu Sari Astuti mengatakan, peningkatan konsumsi ikan memang harus dilakukan. 

Sebab, lanjutnya, itu adalah intruksi presiden dan terus diawasi. Maka itu, berbagai cara dilakukan untuk menarik minat anak dan orang tua mengutamakan ikan sebagai bahan baku utama pangan setiap hari.

"Kami akan mensosialisasikan gemar makan ikan kepada anak sekolah dasar dengan konsep yang menarik. Yakni dengan dongeng, musik, dan game. Kami tanamkan sejak dini menarik minat anak makan ikan," ungkapnya.

Sari menjelaskan, kegiatan Gemarikan kali ini menyasar sekolah dasar di Kecamatan Gambir sebanyak 1 200 siswa. Memang sampai akhirnya tahun ada 11 kegiatan yang disiapkan dan menyasar ke 8.800 siwa SD di delapan kecamatan Jakarta Pusat. Namun, ada  kriteria untuk sekolah yang mendapat sosialisasi gemar makan ikan.

"Kami menyasar ke sekolah-sekolah yang memiliki tingkat KJP tertinggi. Sebenarnya dalam pembelian oangan murah dengan KJP kami sudah memberikan paket yang ada ikannya juga. Jadi saling berkaitan untuk memenuhi gizi untuk anak," tandasnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait