Sebanyak 100 Pelajar Ikut Pembinaan Sakataruna Bumi di Kampung Hijau Rosela

Kepala Seksi Pertanian Sudin KPKP Jakarta Pusat, Sunarto. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 100 pelajar pramuka tingkat SMA dan SMK mengikuti pelatihan bertani sejak dini pada kegiatan pembinaan Sakataruna Bumi di Kampung Hijau Rosela Mandiri, Komplek Angkasa Pura, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (9/10).

Kepala Seksi Pertanian Sudin KPKP Jakarta Pusat, Sunarto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dibidang pertanian seperti, pemahaman bercocok tanam berbagai jenis tanaman toga bagi para siswa-siswi penegak (Pramuka).

"Sekolah yang dipilih adalah yang ikut Adiwiyata dan Sekolah Sehat Tingkat Provinsi dan Nasional. Kegiatan ini salah satu pendukung program Adiwiyata," terangnya.

Sunarto mengatakan, melalui pembinaan Sakataruna Bumi, pihaknya ingin meningkatkan pengetahuan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Para peserta diajarkan bercocok tanam tanaman konvensional dan perkotaan hidroponik.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi pribadi para pelajar, sekolah, dan lingkungan tempat tinggal. Kami juga berikan benih sayuran, gunting stek, pupuk kandang, media, nutrisi, dan starter kit hidroponik. Semuanya ada 17 jenis. Kami harap setelah belajar, dapat dipraktekkan di sekolah masing-masing," paparnya.

Ia berharap para peserta yang mendapatkan bantuan langsung menerapkan di sekolah masing-masing. "Kami juga berikan pot untuk lahan halaman sekolah yang tidak ada tanahnya. Jadi tidak ada alasan tidak menanam di sekolah," tegasnya.

Perlu diketahui, 100 peserta yang ikut pembinaan berasal dari 14 sekolah di Jakarta Pusat. Setelah kegiatan ini, 20 peserta terpilih akan mengikuti Pelatihan Gabungan Tingkat Provinsi di UPT Letkesmapet Bambu Apus, Jakarta Timur pada 22 Oktober 2019 mendatang. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait