Sebanyak 370 Dokter Cilik Dilantik

Pelantikan 370 Dokter Cilik dan Jumantik cilik di Gelanggang Olahraga (GOR) Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (20/11). Foto: RAn

Jakarta Pusat, -- Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Jakarta Pusat, M. Fahmi melakukan pelantikan terhadap 370 Dokter Cilik dan Jumantik cilik di Gelanggang Olahraga (GOR) Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).

Dalam kegiatan ini dihadiri Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari, Kasudin Pendidikan II, Subaidah, Camat Senen, Ronny Japriko, Lurah Senen, Sauri, dan UKPD lainnya.

Fahmi mengatakan, pelantikan ini baru pertama kali dilakukan di Jakarta Pusat. Ratusan siswa-siswi ini dilantik langsung dengan jumlah pelajar 370 dan 30 Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah Kecamatan Senen.

"Dokter ciliki itu menjadi bagian dari UKS dan Jumantik juga masuk dalam bagian. Pelajar ini bergerak secara sukarela dan sudah dibekali latihan," ucap Fahmi di sela-sela kegiatan.

Nantinya, menurut Fahmi, tugas para pelajar akan melakukan pemantauan dan melaporkan kepada kepala UKS lalu nanti akan ditindak lanjut ke Kepala Sekolah. Tujuan pengukuhan ini sangat baik karena para pelajar sudah dididik sejak dini mengenal kesehatan dan pencegahan Jumantik.

"Tugas dokter cilik ini seperti melakukan pemeliharaan kesehatan, pemantau kesehatan dan gizi di wilayah sekolah. Sedangkan Jumantik cilik ditugaskan memutus rantai jentik nyamuk," terangnya. 

Sementara itu, Kasudin Pendidikan II, Subaidah mengatakan, kegiatan ini baru dimulai dari wilayah Kecamatan Senen. Dirinya berharap kegiatan ini dapat dilakukan di kecamatan lain, seperti Kecamatan Johar Baru, Kemayoran, dan Cempaka Putih.

"Saya sudah koordinasi dengan Kasatlag Kecamatan. Pelajar yang hadir saat ini yang telah lolos seleksi berdasarkan kesehatan, cerdas, dan minat mereka," terangnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait