Sekko Jakpus: Bersama Kita Kembangkan Budaya Betawi

Sekko Jakpus didampingi Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakpus membuka Gebyar Betawi di Gedung Kesenian Mis Tjitjih, Senin (2/9). Foto: PKLUNJ

Jakarta Pusat, -- Sekretaris Kota Jakarta Pusat (Sekko Jakpus), Iqbal Akbarudin mengajak seluruh warga mengembangkan budaya Betawi.

Hal ini diungkapkannya saat membuka Gebyar Betawi di Gedung Kesenian Mis Tjitjih, Senin (2/9).

Menurutnya, pengembangan budaya Betawi menjadi tangung jawab bersama warga Jakarta. Apalagi, sebenarnya budaya Betawi ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Salah satunya melalui Gebyar Budaya Betawi yang dilaksanakan hari ini.

“Melalui kegiatan ini mari kita bersama-sama kembangkan budaya Betawi,” ungkapnya.

Ke depan, Iqbal menginginkan pengembangan budaya Betawi juga diterapkan di hotel bintang empat atau lima dengan menyertakan menu dan kesenian Betawi.

“Seperti yang diterapkan di Yogyakarta dan Jawa Barat, di mana pihak hotel menyuguhkan budaya daerah setempat baik dari menu makanan dan minuman maupun kesenian,” ungkapnya.

“Di Jakarta ada tidak minuman selamat datang bir pletok, atau ada palang pintu? Belum ada. Ini tantangan kita ke depan untuk berkolaborasi mengembangkan budaya Betawi,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat, Sonti Pangaribuan menerangkan, Gebyar Betawi ini akan diadakan mulai tanggal 4 sampai 6 September dengan beragai perlombaan.

Di antaranya palang pintu yang dilaksanakan hari ini, pencak silat (3/9), gambang kromong (4/9), dan lenong (5-6/9).

“Ada 62 grup yang akan bertanding dalam empat perlombaan. Jumlah ini sudah melebihi target kami yang hanya 40-50 grup. Antusias masyarakat yang ikut perlombaan ini sangat besar,” ungkapnya.

Sonti menjelaskan, tujuan dari diselengarakannya Gebyar Betawi ini dalam rangka mengembangkan budaya Betawi agar tidak tergerus budaya modern baik lokal dan internasional.

“Grup terbaik dari masing-masing lomba akan tampil dalam acara Puncak Gebyar Betawi pada 7 September mendatang,” tandasnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/NEL/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait