Sekolah di Jakpus Siap Gelar UNBK

Jakarta Pusat, -- Sekitar 70 persen sekolah di Jakarta Pusat siap mengelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kepala Suku Dinas (Sudin) Pendidikan wilayah 1 Jakarta Pusat Sujadiyono menerangkan, persiapan UNBK tahun ini di wilayahnya jauh lebih matang dan banyak perubahan dibanding tahun lalu.

Pada 2016 lalu misalnya, hanya 10 persen sekolah di Jakarta Pusat yang siap menyelengarakan UNBK. Namun di tahun 2017 ini meningkat signifikan, sebanyak 70 persen. Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dan Swasta siap menerapkan UNBK. Sementara, untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ini Sudin Pendidikan wilayah 1 akan melakukan terobosan melaksanakan ujian berbasis komputer.

"Sekolah negeri dan swasta yang siap ujian berbasis komputer terdiri dari, SMP 59 sekolah, SMA 31, SMK 31. Dan untuk SD ada 11 yang siap ujian berbasis komputer," terang Sujadiono saat ditemui di kantor Walikota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (30/1).

Sujadiyono menegaskan, dengan menerapkan UNBK ada banyak manfaat seperti, menekan kebocoran soal ujian, menghindari adanya contek menyontek antar pelajar, dan jauh lebih efisien karena pelajar tidak terlalu repot dalam mengisi jawaban seperti menggunakan kertas. Terakhir pemeriksaan hasil jawaban ujian juga lebih cepat.

"Kalau dari pengamatan kami waktu tahun lalu anak-anak lebih senang pengakuan mereka menggunakan sistem komputer. Semua jawaban para siswa juga langsung masuk ke Kementerian Pendidikan," jelasnya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan seluruh komputer yang dipergunakan di sekolah dalam UNBK langsung terkoneksi dengan sistem UNBK di Kementerian Pendidikan. Maka dari itu pihaknya tengah melakukan verifikasi kesiapan perangkat komputer yang ada di sekolah se Jakarta Pusat.

"Sampai saat ini kita masih terus cek kesiapan sekolah," singkatnya.

Kominfotik Cds-Nel


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait