Senin Gubuk Liar di KBB Jakpus Ditata

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) akan melakukan penataan gubuk liar di sepanjang jalan inspeksi Kanal Banjir Barat (KBB). Rencananya bangunan liar tersebut akan ditata Senin esok (13/11) Ratusan petugas gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri akan diterjunkan.

Kasiop Petugas Peyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Jakarta Pusat, Santoso mengatakan penataan kawasan di sepanjang jalan inspeksi KBB akan dilangsungkan Senin (13/11). Nantinya Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede atau Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara akan memimpin apel.

"Apel dilakukan di kantor Kecamatan Tanah Abang pukul 07.30 WIB. Ratusan petugas gabungan pastinya kita kerahkan dalam penataan kawasan tersebut," ucap Santoso.

Pasca penataan kawasan tersebut, nantinya akan dibangun posko penjagaan dimana akan ditempatkan petugas TNI dan Satpol PP. Posko akan ditempatkan disana selama tiga bulan dengan beberapa titik mulai dari Tanah Abang hingga Gambir.

"Untuk jumlah kita belum tahu pastinya. Penempatan itu dilakukan guna menghalau kembalinya penghuni gubuk liar sekaligus penjagaan selama pengerukan KBB," jelasnya.

Santoso berharap, secepatnya jalan inspeksi segera diaktifkan kembali agar tidak ada bangunan liar lagi. Jika jalan tersebut tidak kunjung diaktifkan pastinya bangunan liar tersebut akan berdiri lagi.

Sementara itu, Camat Tanah Abang, Dedi Arif Darsono mengatakan pihaknya sudah lakukan sosialisasi terhadap penghuni gubuk liar di sana. Menurutnya, tidak ada tempat untuk relokasi  atau penggantian rugi.

"Sebenarnya ada beberapa pemilik bangunan di sana punya rumah. Ada juga yang dulu pernah digusur beberapa tahun lalu,kembali lagi. Kita jamin mereka tidak akan menolak ditata karena mereka juga menyadari kesalahan mereka lantaran mendirikan bangunan di atas Fasilitas Umum  (Fasum) di jalan raya," tutupnya.

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait