Seratus RPTRA Diresmikan

Jakarta Pusat, -- Dalam waktu tiga bulan, 100 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) akhirnya rampung dikerjakan. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pun meresmikan di Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (10/10).

Pengerjaan 100 RPTRA itu pun dilakukan oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama. Dimulai awal Juli dan selesai pada awal Oktober 2017. Pembangunan RPTRA menggunakan dana APBD DKI senilai Rp 154 milliar.

“RPTRA di DKI Jakarta sudah semakin modern sesuai kebutuhan dan berkualitas. Nantinya RPTRA dapat digunakan untuk berbagai hal, termasuk jadi lokasi pengungsian saat terjadi bencana," ucap Djarot dalam acara peresmian.

Djarot menerangkan, Di tahun 2017, total seluruh RPTRA di DKI Jakarta ada 292 lokasi yang tersebar di pemukiman masyarakat. Dari jumlah itu 67 RPTRA dibangun melalui program Corporate Social Responcibility (CSR), 1kewajiban pengembang, 1 (satu) swadaya masyarakat dan 223 dari APBD. Dua di antararanya masih dalam proses pembangunan oleh CSR seperti di Jalan Kenari II oleh PT. CenturyProperti dan  wilayah Warakas oleh PT. CMNP. Adapun sebarannya meliputi Jakarta Pusat 45 lokasi, Jakarta Utara 65 lokasi, Jakarta Barat 56 lokasi, Jakarta Selatan 60 lokasi, Jakarta Timur 59 lokasi, dan Kepulauan Seribu 7 lokasi.

Peresmian 100 RPTRA ini juga bersamaan dengan peluncuran Pasukan Pink (petugas pengelola RPTRA) sebagai agen perubahan yang bertugas mengedukasi anak-anak dan masyarakat di sekitar RPTA. Saat ini jumlah pengelola sebanyak 1.746 orang, 630 orang di antaranya pengelola tahap 4 yang baru saja dilakukan perekrutan dan masih dalam masa magang/orientasi dan akan dikontrak Januari 2018.

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait