Siaga bencana banjir, PEMKOT JAKPUS sudah siapkan logistik

Jakarta Pusat, -- Dalam mengantisipasi bencana banjir saat musim hujan mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakpus telah mempersiapkan logistik antara lain stok beras 30 ton, Mie Instan, Kecap, Saos, minyak, Sarden, Pakaian seragam, pakaian dalam, pembalut, tenda pengungsi, tenda dapur umum dan lain sebagainya.

Sebagian bahan logistik sudah didorong/dikirim ke daerah rawan banjir, ini untuk mendekatkan kepada warga yang terkena korban banjir. “ Pendistribusian itu sendiri sudah sesuai dengan SOP ( standar operasi prosedur ). Saat banjir datang dan logistik kurang secara otomatis akan langsung diantar ke lokasinya, Jelas Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, saat meninjau gudang persiapan logistik di Kantor Walikota, Rabu sore (2/12).

Diperkirakan puncak curah hujan paling tinggi kemungkinan dipertengahan Januari 2015. “ Yah mudah-mudah tahun ini wilayah Jakarta Pusat tidak mengalami banjir besar,” karena kesiapan saluran, kali dan seluruh sungai sudah siap sebab pihak Sudin Tata Air hingga para petugas Penanganan Prasarana dan Saran Umum ( PPSU ) sudah melakukan pengerukan dan pembersihan, ujarnya.

Ka.Sudin Sosial Jakarta Pusat, Susan Budi, menambahkan pihaknya telah menyiapkan berbagai macam logistik diantaranya, pakaian seragam sekolah 450 stel, sepatu sekolah 320 pasang, tas sekolah 230 unit, 220 potong daster, 250 helai kain sarung, 100 handuk, 255 selimut, 400 helai sejadah, 250 mukena, 650 popok bayi, 300 pembalut wanita, 100 stel pakaian dalam, 170 helai tikar plastik dan 100 dus bubur susu.

Sedangkan logistik pangan yang telah disiapkan yaitu, beras 30 ton, 870 dus mie instan, 4.800 kaleng sarden,100 botol saos sambel, 480 botol kecap, dan 291 kg minyak goreng.

Selain itu dalam menghadapi bencana banjir, Sudin Sosial telah menyiapkan sumber daya manusia yang terdiri dari Tagana, Pilar-pilar sosial seperti PSM, Karang Taruna dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta mobil rescue dan dapur umum 4 unit, tenda penampungan dan dapur umum 19 unit, Velbed 24 buah, peralatan dapur umum  17 set, Gas, 17 tabung ukuran 12 Kg dan gerobak motor 1 unit, paparnya. (AD)    


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait