Sudin Dukcapil Gelar Biduk di Kelurahan Paseban

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat melakukan pendataan terhadap pendatang baru di Kelurahan Paseban, Senen, Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Dukcapil Jakarta Pusat, Remon Mastadian mengatakan sasaran dari target operasi ini merupakan pendatang baru yang tinggal di rumah kos. Kebanyakan mereka berprofesi sebagai mahasiswa dan perawat.

"Seluruh pendatang baru  yang terdata ada 89 orang, 68 orang merupakan perempuan dan 21 orang laki-laki. Pendatang didominasi dari Jawa Barat, ada juga yang dari Lampung. Kita temukan dan kebetulan bekerja sebagai perawat, sementara lainnya belum pekerja tetap," ucap Remon di lokasi, Kamis (28/6).

Pihaknya pun memberikan pelayanan pemberian Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) dan proses pindah KTP beserta KK apabila mereka berencana untuk menetap di Jakarta.

"Jadi semua administrasi kependudukan dapat kita berikan. Jadi pertama kita mengimbau dari rumah ke rumah diketuk, menanyakan ke masyarakat sudah berapa lama tinggal di sini dan ini memang ternyata ada yang udah lebih dari tiga bulan, delapan bulan, karena dia satu tahun kos atau kontrak di sini, tapi belum mempunyai identitas di alamat yang dia tinggal dalam arti SKDS," katanya.

 

Remon menambahkan, tanggal 10 Juli mendatang, akan dilakukan Operasi Bina Kependudukan (Biduk) secara serentak di 5 wilayah DKI Jakarta.

"Kalau di Jakpus kecamatan yang dominan pendatang baru biasanya dari tahun ke tahun itu di Senen, Tanah Abang, Kemayoran dan Johar Baru. Biasanya yang berdekatan dengan pusat kegiatan kota," tandasnya.

 

Kominfotik JP/Chs/Nel

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait