Sudin Gulkarmat Jakpus Sosialisasikan Mudik Aman

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka memberikan rasa aman bagi para warga Jakarta Pusat yang hendak mudik di hari raya Idul Fitri, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakpus akan melakukan sosialisasi mudik aman bagi para warga.

Kasudin Gulkarmat Jakpus, Hardisiswan menerangkan, pihaknya sejak awal Ramadhan telah memberikan sosialisasi pada warga tentang himbauan awas kebakaran bagi warga, berupa pedoman pencegahan terjadinya kebakaran maupun cara menanggulanginya. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sosialisai Mudik Aman bagi warga Jakpus yang hendak mudik.

“Rencanya mulai besok kita bagikan selebaran informasi tips Rumah Aman Terhindar dari Bahaya. Kita akan bagikan pada pos-pos pemadam kebakaran, dan juga para petugas untuk door to door  ke rumah warga, atau melalui RPTRA,” ujarnya usai menghadiri Rapat Pimpinan, Selasa (5/6).

Pihaknya menjelaskan, dalam  kertas informasi itu, pihaknya memberikan tips bagaimana mencegah bahaya kebakaran saat rumah kosong akibat mudik: mulai dari mematikan steker dan colokan listrik, periksa kembali kompor gas, cabut regulator gas dari tabung gas, dan lapor pada RT setempat dan tinggalkan no hp yang digunakan untuk dihubungi.

“Selama ini kebakaran yang terjadi saat musim mudik, disebabkan kosleting listrik. Maka dari itu kita himbau dan ingatkan warga melalu sosialisasi ini untuk pencegahan,” ujarnya.

Hardisiswan juga memastikan, seluruh anggotanya tidak akan ada yang libur di hari raya lebaran ini. Seluruh petugas Gulkarmat se Jakpus, sebanyak 210 petugas dan PHL tetap bersiaga, dan melakukan monitoring sepanjang libur lebaran.

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait