Sudin KPKP Jakpus Beri Sosialisai Penyakit Hewan Menular

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat (Jakpus) memberi sosialisasi pada 33 kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dan kader Peningkatan Kesejahtraan Keluarga (PKK) di Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rusun Tanah Tinggi (Rustanti), Senin (20/11).

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti mengatakan, sosialiasi yang dilakukan kepada para kader ini untuk memperkenalkan  jenis penyakit hewan yang berpotensi menular pada manusia. Seperti halnya rabies dan flu burung. Sehingga para kader mendapatkan pembekalan dan  pengetahuan mengenai penyakit ini.

"Kami pilih Jumantik dan PKK karena mereka itu paling tahu rumah mana yang memiliki anjing, kucing ataupun burung," ujar Bayu, Senin (20/11).
Ia menjelaskan, selama ini pihaknha telah melakukan berbagai upaya pencegahan dengan vaksinasi rutin setahun sekali, binatang anjing harus dirantai, Hewan Penular Rabies (HPR) tidak boleh dilepasliarkan, hingga syarat-syarat memelihara hewan unggas.

Sementara itu Erni (36) Kader Jumantik RW 10 Tanah Tinggi mengaku, sosialisasi ini sangat bermanfaat. Ia berencana akan meneruskan pengetahuan ini kepada warga saat Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) berlangsung.

"Nanti kita akan sosialisasi kepada warga, terutama warga yang memiliki unggas, dan HPR," katanya.

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait