Sudin KPKP Jakpus Luncurkan Siraja

Jakarta Pusat, --
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat (Jakpus) meluncurkan aplikasi Sistem Infomasi Rabies Jakarta (Siraja), Kamis (13/9). 

Kasudin KPKP Jakpus, Bayu Sari Hastuti mengatakan aplikasi Siraja ini memiliki banyak manfaat diantaranya; bisa mendeteksi keberadaan hewan saat hilang atau dicuri, bahkan dijual secara ilegal. Kemudian mengidentifikasi masalah kesehatan hewan peliharaan. 

"Alatnya itu ditanam di dalam kulit anjing kita. Besarnya chip seperti sebutir beras, tapi manfaatnya cukup besar," ucap Bayu saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Jakpus didampinggi Kasie Peternakan Sudin KPKP Jakpus, Hasudungan. 

Pihaknya juga menegaskan, aplikasi Siraja ini merupakan terobosan Sudin KPKP. Nantinya chip tersebut terkoneksi dengan smartphone kita dengan aplikasi Siraja. 

"Target kita 100 anjing yang akan dipasangkan chip. Semuanya pemasangan chip saat ini gratis. Namun, setelah target 100 pemasangan tercapai, baru akan dikenakan biaya pemasangan sebesar Rp 150 ribu. Pemilik hewan bisa datang ke Sudin KPKP Jakpus untuk memasang," tutupnya.

Kominfotik JP/Chs/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait