Sudin KPKP Targetkan Ribuan HPR Divaksinasi

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) menargetkan ribuan Hewan Penular Rabies (HPR) divaksinasi tahun ini.

Kasudin KPKP Bayu Sari Hastuti menerangkan, target vaksinasi untuk HPR tahun ini meningkat 45 %  menjadi 3700 ekor HPR  dari tahun 2016 lalu yang hanya 2600 ekor HPR. Menurutnya, peningkatan vaksinasi HPR ini bertujuan menjaga agar Jakarta tetap bebas rabies di 2017. Pihaknya, optimis realisasi vaksinasi HPR tahun ini bisa melampaui target.

"Semoga bisa, karena tahun 2016 kemarin target sebanyak 2.600 ekor HRP divaksinasi, realisasinya 4.200 ekor," ucap Bayu, Selasa (31/1).

Lebih lanjut, Bayu menerangkan, hewan yang difokuskan mendapatkan vaksin diantaranya  anjing, kucing, musang, dan kera. Sementara itu, saat ini pihaknya sudah memvaksinasi 340 ekor HPR yang  terdiri dari, 123 ekor anjing, 211 ekor kucing, 2 ekor kera dan 4 ekor musang.

“ Setidaknya ada 3 kecamatan yang banyak HPR yakni Kemayoran, Sawah Besar dan Gambir,” terangnya.

Pihaknya menegaskan telah berkordinasi dengan kecamatan, kelurahan, sampai dengan RT/RW  agar vaksinasi HPR bisa maksimal. Bayu juga sudah menentukan jadwal vaksinasi yang akan dilakukan teratur mulai dari Januari sampai dengan Desember, kecuali pada bulan puasa tidak vaksinasi, dan tentunya melakukan vaksinasi secara door to door.

"Kami berkoordinasi dengan seksi KPKP kecamatan untuk menjadwalkan dan menentukan kelurahan mana yang akan mendapat layanan jemput bola vaksinasi HPR. Tergantung, ada yang ngumpulin di satu tempat, atau pintu ke pintu," tutup Bayu.

 

Kominfo Cds-Nel


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait