Sudin SDA Jakpus Bangun Pintu Air di Kali Utan Kayu

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat membangun pintu air di Kali Utan Kayu, Jalan Cempaka Putih Tengah, Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih. Pintu ini menjadi pintu kedua setelah sebelumnya dibangun pada tahun 2016 lalu.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sumber Daya Air Jakarta Pusat, Dicky Suherlan mengungkapkan, pintu air tersebut difungsikan untuk mencegah masuknya air  Kali Utan Kayu ke gorong-gorong yang menuju permukiman warga di Cempaka Putih Tengah 15, hingga Cempaka Putih Tengah 17.  

"Sudah dilakukan pengkajian, selama ini genangan yang timbul dan masuk ke pemukiman warga karena adanya water back dari kali Utan Kayu ke saluran air di lingkungan permukiman warga," ungkap Dicky, Senin (12/6).

Dicky menerangkan, pintu air yang dibangun pihaknya ini merupakan usulan warga dari hasil Musrenbang. Pintu air ini pun sudah dapat difungsikan dengan dioprasikan dua orang petugas Suku Dinas SDA.

"Tinggi pintu airnya sekitar tiga meter, bangunnya butuh waktu satu bulan. Ini permintaan warga, karena permukiman mereka juga berada di daerah cekungan," terang Dicky.

Ditempat terpisah, Camat Cempaka Putih, Andri Ferdian mengatakan, sebelum ada pintu air permukiman warga kerap tergenang setinggi 50 sentimeter, terutama sekitar SMAN dan SMPN 77. Semenjak ada pintu air sudah tidak terjadi genangan.

"Sudah banyak membantu karena yang dibangun itu salah satu titik sentral terjadinya genangan.

Sekarang sudah ada dua. Pintu air yang pertama jadi di tahun 2016," tandas Andri.

 

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait