TPS Sepanjang Kali Item Segera Ditutup

Jakarta Pusat, -- Guna menghilangkan kesan kumuh Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sepanjang Kali Item, Kemayoran akan ditutup. Nantinya pembuangan akan dipindahkan ke lahan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK).

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat, Marsigit menegaskan, semua TPS di sisi kali akan ditutup tidak hanya di Kali Item saja. Penutupan tersebut secara menyeluruh akan dilakukan setelah pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) ramah lingkungan rampung. Menurutnya, Sudin LH Jakpus telah mengalokasikan anggaran untuk membuat TPST sebesar kurang lebih Rp 4 miliar.

"Luas lahan TPS di PPKK itu nanti mencapai 1000 meter. Luas segitu sangat cukup menampung sampah dari TPS di sisi kali dengan volume sampah setiap harinya mencapai 368.67 meter persegi," ucap Marsigit saat di wawancarai di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, di dampingi Kepala Seksi Pengelolaan dan Limbah B3, Risart Sehertian, Kamis (8/6).

Sementara itu, Risart Sehertian mengungkapkan pihaknya mengalami sedikit kendala dalam pemindahan TPS ini. Pasalnya jarak dari 8 TPS sebelumnya ke TPST cukup menguras tenaga untuk penarik gerobak sampah. 

"Jumlah gerobak yang terdaftar sebanyak 300 buah. Nanti setelah di bangun, gerobak tersebut tidak boleh di taruh di TPST yang baru di bangun. Begitu juga bekas lokasi TPS yang akan di tutup tidak diperkenankan ditaruh di sana," paparnya.

Seluruh gerobak sebaiknya ditaruh di wilayah masing - masing yang tidak menggangu. Nantinya Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Kemayoran yang akan melakukan pengawasan. Jika gerobak tersebut masih di taruh di sisi Kali sudah pasti akan ada sampah lagi yang dibuang oleh warga ataupun pengendara.

"TPS yang di kali itu memang sudah seharusnya di.hapus. Kita harap nanti lokasi bekas TPS bisa bersih," tutupnya.

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait