Tekan DBD Ratusan Pohon Zodia Disebar

Jakarta Pusat, --
Sebanyak 500 tanaman pengusir nyamuk atau Zodia ditebar di wilayah Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (12/2). 


Camat Gambir Fauzi menerangkan penebaran 500 pohon Zodia guna menekan angka kasus peredaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Petojo Utara.


"Dengan tingginya kasus DBD di Petojo Utara, pemeritah dan masyarakat pun bertekat untuk meminimalkannya dengan cara menanam Zodia. Jenis tanaman Zodia dipilih karena memang memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk," terangnya. 


Dia menerangkan, tahun 2016 peningkatan kasus DBD di wilayah Petojo Utara, mencapai 100 persen dari Tahun 2015. Tingginya kasus DBD karena pemukiman cukup padat. Terlebih mereka yang tinggal di dekat pinggir Kali Krukut.


"Kita minta juga warga untuk mau bersama memberantas DBD," singkatnya.

Di lokasi yang sama, Lurah Petojo Utara, Amadeo, menerangkan ratusan tanaman Zodia tersebut akan diprioritaskan penebarannya disejumlah titik lokasi rawan DBD. Selain menebar ratusan tanaman pengusir nyamuk guna menekan kasus DBD di wilayah, Amadeo pun meningkatkan frekuensi PSN (Pemberantasan Sarang Nyamun) yang dilakukan para kader jumantik dari seminggu 1 kali, kini menjadi seminggu 2 kali. 

"Kalau untuk di rumah warga kita lihat dulu latar belakang penghuni, kalau memiliki hobi menanam kita berikan," ucapnya. 

 

Kominfotik JP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait