Tempat Interaksi Warga, Kantor Lurah Petojo Selatan Buat Kalom Ikan Refleksi

Lurah Petojo Selatan, Mohamad Arief Biki berada di kolam ikan refleksi, di Kantor Lurah Petojo Selatan, Rabu (7/8). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Guna memberi kenyamanan pada warga, Kantor Lurah Petojo Selatan membuat kolam ikan refleksi seluas 9 meter persegi dibangun di halaman kantor.

Kolam ikan yang dilengkapi air mancur di bagian tengah ini dialokasikan untuk warga Petojo sebagai tempat berinteraksi. Sementara, ide pembuatan kolam ikan refleksi berukuran 3x3 meter ini muncul dari Lurah Petojo Selatan, Mohamad Arief Biki.

Dibuatnya kolam interaksi tersebut berawal ketika Arief menginginkan kantornya dapat menarik perhatian warga. Dirinya mulai mencari berbagai ide kreatif yang dapat bermanfaat untuk warga.

"Kantor kelurahan bukan hanya sebagai tempat kepengurusan administrasi saja. Adanya kolam tersebut untuk warga berkumpul sebagai bentuk keguyuban antar pemerintah dan masyarakat. Sesuai moto Pak Gubernur, maju kotanya bahagia warganya," paparnya, di kantor kelurahan setempat, Rabu (7/8).

"Rencana akan kita tempatkan 400 ikan jenis gavarusa (ikan refleksi). Karena ukuran ikannya kecil sekitar 2-5 cm, maka idealnya di dalam kolam tersebut terdapat 400 ekor," tambahnya.

Menurut Biki, ikan yang akan ditebar di dalam kolam merupakan ikan asal Turki namun sudah dikembangbiakan di Indonesia. "Adanya ikan ini supaya jadi daya tarik khusus, dan refleksi gratis untuk warga. Kalau kantor sudah menarik, buat saya pribadi dapat bahagia. Kemudian agar warga senang datang ke kelurahan," katanya.

Untuk diketahui, pembuatan kolam telah rampung dikerjakan oleh petugas PPSU. Kolam dibuat dari anggaran material di PPSU yang dimanfaatkan untuk membuat kolam interaksi.

Setelah kolam selesai dibuat oleh enam orang PPSU, langsung diisi air tawar. Nanti setelah air dinilai steril dan aman, maka ikan jenis gavarusa akan dimasukan ke dalam kolam. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Christ  


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait