Tingkatkan Kualitas IKM Sudin PE Jakpus Gelar Perlombaan GKM

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu dari Industri Kecil Menengah (IKM) Sudin Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar perlombaan Gugus Kendali Mutu (GKM) bagi 4 IKM yang ada di Jakarta Pusat.

Kasie Industri dan Energi Sumber Daya Mineral, Bambang Prayitno menerangkan, perlombaan GKM ini dalam rangka menstimulasi IKM agar meningkatkan kualitas mutu dari produk yang dipasarkan. Ada beberapa rangkaian dalam tahapan perlombaan ini diantaranya wawancara, dan presentasi produk dihadapan juri yang merupakan para akademisi, praktisi, dan pihak Kementerian Perindustrian.

“Dari 4 peserta ini akan dipilih juara 1, 2, dan 3. Para pemenang akan mendapatkan uang pembinaan dan piala. Selain itu, pemenang akan terus dibina untuk mewakili Jakpus di tingkat provinsi dan nasional,” ungkapnya.

Bambang menjelaskan, sebelum melakukan perlombaan GKM ini pihaknya terlebih dulu melakukan pembinaan pada IKM yang ada di Jakpus selama dua bulan. Tenaga ahli dan tim dari Sudin PE melakukan pemantauan setiap harinya sekaligus memberikan masukan-masukan yang berkaitan dengan peningkatan mutu produk. Seperti peningkatan efisiensi produksi dimana waktu produksi yang mencapai 6 jam dapat ditekan menjadi 5 jam, produk reject bisa ditekan, serta berbagai inovasi produk melalui alat bantu.

“Kita berikan mereka pendampingan dan saran-saran, serta bantuan untuk pemasaran melalui bazaar dan pameran yang ada di wilayah Jakpus,” terangnya.

Sementara itu Asisten Perekonomian Bakwan Ginting, mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap IKM yang ikut kegiatan ini akan semakin dapat meningkatkan kualitas Produknya.

“Setelah ini saya harap produktivitas serta manajerial dari IKM ini lebih baik dan lebih berkualitas ke depanya," pungkasnya.

Ada 4 IKM yang terpilih menjadi peserta dalam program ini diantaranya IKM Enam Putri dari Emmy yang memproduksi minuman tradisional bir pletok dengan kemasan kaleng modern, Perusahaan sepatu Montre Royale, Industri jamu Bukti Mentjos, Twin Bakery.

 

Kominfotik JP/NEL  


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait