Wakil Wali Kota Jakpus Dorong Kesejahteraan Warung

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, saat memberikan sambutan Pelatihan Pengelolahan dan Perkuatan Warung Tradisional di Kalangan Perempuan se-Jabodetabek, di Ruang Pola, Kantor Pemerintahan Kota Jakarta Pusat, Senin (21/1). Foto: Ran

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi berkomitmen mendorong kesejahteraan warung yang berada di Jakarta Pusat melalui gerakan belanja di warung tetangga yang digalakan Sahabat usaha Rakyat (Sahara) dan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI).

Menurutnya, melalui gerakan ini warga yang memiliki warung akan dibina dan diberikan bantuan berupa produk barang sebagai modal untuk dijual dengan ketentuan harga yang telah ditentukan. Sehingga ke depan, warung dapat bersaing dengan perusahaan retail.

“Dulu waktu saya kecil ada keperluan di rumah saya beli ke warung. Tapi sekarang, warga banyak yang beli di retail. Dengan kegiatan ini warung akan kita bina, saya yang akan awasi langsung,” ungkap Irwandi, saat memberikan sambutan Pelatihan Pengelolahan dan Perkuatan Warung Tradisional di Kalangan Perempuan se-Jabodetabek, di Ruang Pola, Kantor Pemerintahan Kota Jakarta Pusat, Senin (21/1).

Bahkan, lanjutnya, akan menggabungkan gerakan ini melalui Pelatihan Kewirausahaan Terpadu (PKT), sebab banyak kegiatan PKT yang dapat dikolaborasikan bersama gerakan belanja di warung tetangga. 

“Jadi nanti setiap ada pelatihan PKT kita buat juga pelatihan tentang mengelola warung dalam bentuk yang lebih real tidak hanya teori saja,” tegasnya.

Ke depan pihaknya juga menginginkan warga tidak hanya terampil membuka usaha warung, tetapi juga dapat mengisi waktu luang sembari membuka warung dengan mempelajari beberapa keterampilan lain seperti tata boga.

“Jadi kalau ada yang bisa bikin kue silahkan sambil tunggu warung membuat kue untuk dijual. Kalau sudah sesuai standar bisa kita dorong agar kegiatan kewirausahaan makanan kecilnya tidak ambil di toko tapi dari warga,” tandasnya. (as)

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait