Wakil Wali Kota Jakpus Minta Warga Lapor RT/RW Sebelum Mudik

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus), Bayu Meghantara meminta warga Jakpus melapor RT/RW setempat sebelum mudik lebaran.

Hal ini terkait pengawasan sekaligus pengamanan terhadap rumah kosong saat musim mudik. Selain melapor pada RT/RW, Bayu juga mengingatkan warga untuk menitipkan rumah pada tetangga yang telah dipercaya. 

"Sebelum meningalkan rumah, warga hendaknya lapor RT/RW supaya pengurus RT/RW tahu tempat itu kosong. Jadi bisa diawasi, kalau bisa juga titip ke tetangga ," ungkap Bayu, Selasa (6/6).

 

Pihaknya menekankan, dalam pengamanan rumah kosong saat mudik ini butuh dukungan dari berbagai pihak seperti pengurus RT/RW untuk mensosialisasikan pengamanan rumah kosong kepada warganya.Sebab, aparatur di tingkat kelurahan dan kecamatan tidak bisa bekerja sendiri. 

"Posisi RT/RW ini merupakan perpanjangan tangan dari kelurahan untuk sosialisasi kepada warga. Di RT/RW juga ada paguyubannya bahkan ada yang punya keamanan sendiri," ungkap Bayu.

Selain melibatkan RT/RW dalam pengamanan rumah kosong, pihaknya juga menekankan agar patroli bersama unsur tiga pilar dan warga  harus diintensifkan. Bahkan untuk petugas Satpol PP, pihaknya akan menerapkan sistem piket. 

"Biasanya ada sistem piket di Satpol PP tapi jumlahnya memang terbatas. Nanti akan dikoordinasikan dengan komandannya, karena ini peningkatan pelayanan kepada warga dan tanggung jawabnya," tandas Bayu.

 

Kominfotik JP/Chs/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait