Wakil Walikota Jakpus Beri Lampu Hijau Tim Saber Pungli

Jakarta Pusat, --
Wakil Walikota Jakarta Pusat (Jakpus), Bayu Menghantara memberikan lampu hijau pada Tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Jakpus untuk memberikan penindakan bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terlibat dalam Pungli.

Menurutnya, dengan adanya tim Saber Pungli di wilayah Jakpus diharapkan dapat menjadi evaluasi sekaligus pencegahan praktik Pungli yang masih terjadi di wilayah Jakpus. Pihaknya menegaskan, bukan hanya para PNS saja yang akan ditindak tim Saber Pungli, tetapi para pekerja kontrak, Pekerja Harian Lepas (PHL) merupakan bagian dari objek aktif Saber Pungli.

“Saber pungli ini sudah kami siapkan ruanganya di lantai dua kantor Walikota Jakpus, setelah ini diharapkan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Unit Kerja Prangkat Daerah (UKPD), Camat dan juga Lurah informasikan pada jajarannya mengenai tim Saber Pungli ini,” ungkapnya saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim), Selsasa (14/3).

Bayu menegaskan, keberadaan Saber Pungli ini menjadi momentum untuk menindak para PNS yang masih nakal dengan praktik pungli. Bahkan, sudah ada laporan yang diperolehnya mengenai jajarannya yang bermain dengan Pungli.

“Kalau sebatas informasi kami sering diinfomasikan, tapi kalau langsung Operasi Tangkap Tangan (OTT) saya mohon maaf harus memberikan lampu hijau untuk tim Saber Pungli melakukan penindakan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakapolres Jakpus AKBP Asep Guntur, selaku ketua Saber Pungli Jakpus menyatakan saat ini fokus kerja tim Saber Pungli Jakpus lebih pada pencegahan praktik Pungli, dibanding penegakan hukum praktik Pungli. Sebab, menurutnya tidak selamanya upaya penegakan hukum praktik pungli tidak menyelesaikan praktik Pungli.

“Kalau kita terus melakukan pembongkaran, tidak ada selesainya. Yang paling penting itu pemahaman dan upaya pencegahan,” ungkapnya.

 

 

Kominfotik JP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait