Wali Kota Jakpus Jamin Hewan di Flona Sehat

Jakarta Pusat, -- Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Mangara Pardede menjamin hewan yang berada di pameran Flona 2017 dalam keadaan sehat. Pihaknya beserta jajaran Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakpus, serta 3 dokter hewan terjun langsung memeriksa kondisi kesehatan hewan di lokasi tersebut. Pasca beredarnya informasi mengenai kondisi tidak sehatnya hewat yang dijual di Flona 2017 yang diunggah kedalam media online dan instagram.

Dalam kesempatan itu, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan ke setiap stand hewan yang ada di flona sambil jajaran dokter hewan mengecek kondisi hewan-hewan yang berada di dalam kandang. Pemeriksaan yang dilakukan ini merupakan respon cepat untuk memastikan kondisi hewan yang diperdagangkan di flona 2017. Hasilnya, hewan yang berada di flona 2017 dalam keadaan sehat.

“Seluruh hewan yang ada disini dinyatakan sehat oleh dokter hewan dan layak untuk dijual. Tidak ada kekhawatiran seperti yang ada pada media online dan instagram. Saya menjamin bahwa hewan-hewan disini sehat dan masih layak dijual, kita sudah memeriksanya,” tegasnya di dampinggi Kasudin KPKP Bayu Sari Hastuti, Asisten Ekonomi Pembangunan Bakwan Ginting, Rabu (9/8).

Selain melakukan pemeriksaan terhadap hewan yang ada di Flona, pihaknya juga memastikan kondisi kandang hewan tersebut apakah terkena panas atau tidak, apakah tersedia air yang cukup untuk hewan, serta pemeriksaan pakan untuk hewan yang ada. Pihaknya juga langsung memberikan vaksinasi dan vitamin.

“Untuk mengantisipasi hewan yang ada di flona ini kita berikan vaksinasi, vitamin, dan obat anti gatal. Kita juga melakukan edukasi kepada para pedangang untuk memperhatikan kondisi kesehatan hewan yang akan dijual ini,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Dokter Hewan dan Sudin KPKP Jakarta Pusat, Hasudungan menekankan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan semua hewan dalam keadaan sehat. Pihaknya merinci kriteria hewan sehat diantaranya ; jelas asal usulnya, telah mendapatkan vaksinasi misalnya rabies, masih memliki nafsu untuk makan dan minum, tidak mencret. Terkait kondisi hewan yang terlihat stress di dalam kandang, menurutnya hal tersebut memang biasa terjadi bagi hewan yang dikurung di dalam kandang.

“Sebetulnya memang hewan yang berada di dalam kandang ini rentan stress, makanya tadi kita kasih vitamin agar hewan tersebut lebih baik kondisinya,” terangnya.

Menurutnya, untuk mencegah stresnya hewan di dalam kandang, para pedagang telah diberikan edukasi dan sosialisasi untuk memperhatikan kebersihan kandang, pengaturan suhu dan cuaca di dalam kandang.

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait