Wali Kota Jakpus Optimis Dapat Sertifikasi RBRA

Pemkot Adm Jakpus bersama Tim Penilaian Standarisasi Sertifikasi RBRA, di Ruang Serbaguna Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (14/10). Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara merasa optimis dan yakin bahwasannya RPTRA Kenanga, Kelurahan Cideng, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus) akan mendapatkan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA).

“Saya sangat optimis Jakarta Pusat akan mendapatkan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak untuk percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak,” kata Bayu, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Pusat, Shintya Ayuningrum usai menerima Tim Penilaian Standarisasi Sertifikasi RBRA, di Ruang Serbaguna Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (14/10).

Menurutnya, dari nilai indikator Jakarta Pusat sudah mengumpulkan nilai 444 dan ini belum dilakukan pengecekan ke lapangan. “Insyaallah, jika Jakarta Pusat mendapatkan sertifikasisi RBRA, ini kan berkat doa teman-teman semua, dan kekurangannya akan kita perbaiki,” ungkap Bayu.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kementerian PPPA RI, Rohika Kurniadi mengatakan ini salah satu sebagai pelaksanaan dari undang-undang perlindungan anak bahwa kota Jakarta Pusat akan segera melakukan komitmennya terkait salah satunya pemenuhan hak anak atas Ruang Bermain Ramah Anak yang terstandarisasi dan tersertifikasi.

"Proses ini menjadi satu percepatan yang juga dilakukan di tahun 2018. Sudah ada 26 daerah yang sudah punya RBRA yang tersertifikasi sedangkan tahun ini ada 30 targetnya. Saya sangat yakin 30 daerah akan punya RBRA termasuk wilayah Jakarta Pusat," ujar Rohika.

RPTRA Cideng, lanjutnya, diharapkan akan menjadi referensi untuk 49 RPTRA yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Dan akan dilakukan proses sertifikasi mulai hari ini hingga Rabu, untuk menentukan tingkat pringkatnya dan nilai skornya berapa.

“Ini menjadi kebanggaan yang terpeting komitmen Jakarta Pusat luar biasa untuk memenuhi hak anak bermain sehingga anak-anak merasa bangga punya tempat bermain yang sudah ramah anak,” tandas Rohika. (As/Stk)

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait