Wali Kota Jakpus Pantau Uji Emis Gratis di Gambir

Jakarta Pusat, -- Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus), Mangara Pardede memantau uji emisi gratis yang diadakan Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup dan Sudin Perhubungan Jakpus di kawasan Gambir Jakpus.

Dalam kesempatan itu, Mangara menilai kegiatan uji emisi yang dilakukan jajarannya merupakan kegiatan yang sangat baik dan memberi manfaat bagi pemilik kendaraan maupun masyarakat lain. Sebab, dengan melakukan uji emisi ini para pemilik kendaraan dapat mengetahui kondisi dan kelayakan kendaraan mereka. Bila tidak lolos uji emisi, pihaknya akan merekomendasikan untuk melakukan servis rutin.

“Saya kira ini kegiatan yang baik, kalau kendaraan itu tidak lulus uji emisi ini bisa mendorong orang untuk melakukan servis teratur. Kadang kan orang ada yang lupa melakukan servis rutin dengan begini kita ingatkan lagi mereka. Dengan servis teratur tentunya, gas buang kendaraannya terkontrol sehingga tidak membahayakan masyarakat,” ungkap Mangara di lokasi (17/5).

Di tempat yang sama, Kasudin LH Marsigit menuturkan, kegiatan uji emisi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sekali setahun. Menurutnya, antusiasme masyarakat yang melakukan uji emisi gratis ini cukup tinggi, pada hari pertama dari 1044 kendaraan yang ikut uji emisi 976 kendaraan lolos uji emisi, sementara 68 kendaraan sisanya tidak lulus emisi.

“Untuk kendaraan bensin dibawah tahun 2007 indikator ambang batas emisinya 1200 untuk Hydrocarbon (Hc), dan 4,5 untuk Carbon Monoksida (CO). Sementara untuk kendaraan diatas tahun 2007 indikator ambang batasnya 200 untuk HC dan Co 1,5” terangnya.

 

 

 

Kominfotik JP/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait