Wali Kota Siapkan Gebrakan Perubahan untuk Jakpus

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, di Ruang Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (29/4). Foto: Ran

Jakarta Pusat, -- Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara menegaskan telah menyiapkan sejumlah gebrakan baru untuk membuat perubahan di wilayahnya, bekerjasama dengan Institude for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia.

Menurutnya, ada tiga prioritas utama yang menjadi sasaran perubahan pembangunan di Jakarta Pusat di antaranya; pejalan kaki, kendaraan non emisi, transportasi publik, dan kebijakan untuk kendaraan pribadi.

“Dari apa yang disampaikan ITDP ini menjadi pengalaman kita bagaimana di kota-kota besar seperti New York dan Belanda mereka punya space untuk berjalan kaki. Ini menjadi inspirasi untuk membuat perubahan,” ungkapnya, usai menerima kunjungan CEO ITDP Global, Heather Thomson, di Ruang Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (29/4).

“Di Belanda itu, berjalan kaki dan bersepeda ke kantor sudah menjadi hal biasa. Saya saja jalan kaki dari rumah dinas ke kantor. Saya tidak malu lagi, karena ini langkah preventif untuk menjaga kesehatan,” tambahnya.

Ke depan, lanjut Bayu, pihaknya akan menambah pelebaran pedestrian di sejumlah titik, dan juga jalur sepeda. Serta pembuatan night market yang akan menjadi wisata malam baru bagi warga Jakarta Pusat. “Tidak hanya membantu peningkatan ekonomi warga, kegiatan ini juga dapat menekan polusi udara,” jelasnya.

Bayu menegaskan, masih akan mencari lokasi yang cocok untuk digunakan sebagai tempat night market. “Kapannya, secepatnya lebih baik,” tandasnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait