Walikota Jakpus Akan Fasilitasi PKL GBK

Jakarta Pusat, -- Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede akan memfasilitasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Pintu Barat Gelora Bung Karno (GBK) yang mulai resah karena akan direlokasi kembali ke Plaza Golf.

Menurtnya, pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu permintaan pengelola GBK yang meminta diadakan Memorandum Of understanding (MOU) untuk menempatkan kembali pedagang ke Plaza Golf GBK. Meski demikian, pihaknya memastikan pedagang boleh mengunakan area torotoar untuk tempat makan pengunjung dan parkir pengunjung.

“Nanti area pedestrian yang lebarnya 5 meter ini bisa digunakan untuk makan tamu, tapi bukan berarti pedagang bisa menaruh gerobak di badan jalan,” ujarnya.

Pihaknya juga meinstruksikan agar para pedagang mematuhi aturan yang sudah disepakati untuk membersihkan sampah sisa jualan. Mangara menginginkan, konsep PKL di GBK sama dengan konsep PKL di Taman Ismail Marzuki (TIM) yang juga berjualan pada malam hari.

“Mereka bisa jualan dari jam 21.00 sampai 03.00, tapi setelahnya harus sudah bersih, sudah steril tidak ada sampah baik di jalan dan di saluran air. Mereka harus sepakat, kalau tidak mau akan kita kosongkan saja area tersebut,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta Suku Dinas (Sudin) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan pengkajian apakah Pemerintah Daerah (Pemda) dapat memungut retribusi melalui sistem Autodebet.

Sementara itu, Lurah Gelora Mediawati menyatakan Pihak GBK telah menyetujui PKL eks jalan Asia Afrika yang telah direlokasi ke Plaza Barat dapat menempati Plaza Golf setelah membuat MOU.

“Rabu nanti baru akan kita buatkan surat untuk pertemuan antara kelurahan dan GBK,” ujarnya.

 

Kominfotik-Nel


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait