Walikota Jakpus Akan Relokasi Pedagang Pasar Senen

Jakarta Pusat, -- Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede akan merelokasi pedagang Pasar Senen, pasca kebakaran yang terjadi (19/1) pagi.

 

Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan segera berkordinasi dengan PT Pembangunan Jaya selaku pengelola blok I dan II Pasar Senen, untuk menyediakan tempat relokasi bagi pedagang terdampak kebakaran.

 

"Cukup memprihatinkan peristiwa kebakaran ini. Kita akan meminta PT Pembangunan Jaya menyediakan lokasi penampungan bagi para pedagang. Tapi rencana itu jika api berhasil dikuasai petugas," ungkapnya saat meninjau kebakaran Pasar Senen.

 

Mangara juga menekankan, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran kembali di kawasan Pasar  Senen ini seharusnya bangunan pasar dilengkapi sistem pencegahan dan penangulangan kebakaran sesuai dengan Sertifikat Layak Fungsi (SLF) bangunan.  Sehingga, apabila nanti pasar dibangun kembali sudah  memenuhi persyaratan SLF.

 

"Persyaratan untuk dapat SLF makin ketat. Kita berharap jika nanti dilakukan pembangunan syarat pencegahan dan penangulangan kebakaran itu harus ada," tegasnya.

 

Dari peristiwa kebakaran di Pasar Senen ini, Mangara mengingatkan para pedagang dan pembeli untuk waspada terhadap semua hal yang dapat memicu kebakaran. Sebab, hampir semua  bagian pasar berisi bahan-bahan mudah terbakar. Sehingga, perlu adanya perhatian pedagang dalam hal pencegahan kebakaran, tidak hanya fokus dalam bertransaksi jual beli saja.

 

"Perhatian pedagang dalam pencegahan kebakaran sangat diperlukan agar pristiwa semacam ini tidak terjadi kembali,” tandasnya.

 

Kominfotik Cds-Nel

 

Foto-Zak


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait