Walikota Jakpus Buka Sosialisasi Crop

Jakarta Pusat, -- Untuk meningkatkan pelayanan publik, sekaligus mensosialisasikan program kerja Pemprov DKI Jakarta, seluruh SKPD/UKPD diberikan sosialisasi penggunaan aplikasi Cepat Respon Opini Publik (CROP) mobile. Sosialisasi dibuka oleh Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede didampingi Wakil Walikota, Arifin dan Sekretaris Kota (Sekko), Zainal, di ruang Pola Kantor Walikota, Selasa ( 1/3 ).

Menurut Mangara, untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota yang smart, para aparatur wajib memahami cara penggunaan aplikasi cepat respon opini publik (CROP) mobile. “ Untuk itu kita harus melek teknologi dan jangan sampai ketinggalan dengan yang lain.” Tegasnya.

Dikatakan, aplikasi CROP mobile memiliki fungsi untuk merespons keluhan dan opini dari masyrakat, seperti saluran mampet, adanya genangan air jalan hingga masalah lainnya yang terjadi di sekitar lingkungan warga.

Diharapkan dengan adanya aplikasi CROP mobile seluruh SKPD/UKPD bisa langsung merespon dan menindaklanjuti semua keluhan warga masyarakat, sehingga visi dan misi menuju Jakarta Baru dapat terwujud, tambah Mangara.

Sementara itu Tenaga Ahli dari Dinas Kominfomas DKI Jakarta Unit Pengelola Jakarta Smart City, Ibnu Janky, menjelaskan, penggunaan aplikasi CROP mobile sangat mudah dan simpel, karena penggunaan aplikasi CROP mobile hanya terdiri dari empat menu utama. Diantaranya menu pemantauan/pekerjaan yaitu untuk monitor keluhan masyarakat, menu riwayat untuk merekap atau membuat laporan pribadi terkait laporan yang sudah ditindaklanjutinya, menu peta berguna untuk mengetahui posisi petugas yang telah terdaftar pada aplikasi CROP mobile. Sedangkan, menu petugas berfungsi untuk memonitor jarak antar petugas.

Laporan masyarakat yang melalui aplikasi Qlue secara otomatis akan masuk ke aplikasi CROP mobile dan CROP Dashboard. Laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh aparatur pemerintahan melalui aplikasi Crop yang dipantau langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, papar Janky. (AD)

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait