Walikota Jakpus Tanam Pohon Langka Gambir

Jakarta Pusat, -- Untuk menyejukan, keasrian, dan keindahan di lingkungan perkantoran, Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede bersama Wakil Walikota, Arifin melakukan penanaman pohon langka Gambir di Ex Kantin Walikota Jakarta Pusat, Jumat (8/4).

Mangara minta, kepada Sudin KPKP supaya mencari ihwal tentang keberadaan wilayah Gambir, apakah dulunya memang di sini banyak pohon Gambir, sehingga dinamakan daerah Gambir. Kalau memang benar, dengan melakukan pohon langka seperti Gambir kita kembalikan kehabitatnya, agar masyarakat tahu dulunya banyak pohon Gambir.

Menurutnya, bagi orang yang suka nyirih biasanya menggunakan Gambir sebagai pelengkapnya dan ini bisa memperpanjang umur, selain itu wajahnya bersinar dan gigi sangat kuat.

Di lokasi, tempat penanaman pohon langka berupa pohon Gambir di ex Kantin ini, nantinya akan dijadikan taman interaktif, sehingga pewagai di lingklungan Pemkot Jakpus diwaktu jam istirahat bisa menikamati kesejukan dan keindahan taman.

"Diharapkan dengan adanya taman di lingkungan Kantor Walikota Jakpus, para pegawai bertambah semangat melakukan aktifitas kerjanya sehingga kinerjanya juga ikut meningkat," tambah Mangara.

Ka. Sudin Kelautan pertanian dan ketahanan Pangan Jakarta Pusat, menjelaskan penanaman pohon langka, sesuai SK Gubenur DKI Jakarta No. 2539/1987 tentang kewajiban masyarakat/Intansi Pemerintah/Swasta melindungi tanaman pohon langka.

Ada sekitar 27 jenis tanaman pohon langkah yang perlu dilindungi, antara lain pohon Gandaria, Gambir, Kenari, Kecapi, Nanam, dan lain sebagainya.  Sementara penanaman pohon langka berupa pohon Gambir kita lakukan sesuai dengan namanya daerahnya.

 “Pohon gambir mulai dari getah, batang, daun dan buahnya mempunyai banyak khasiatnya diantaranya dapat menyembuhkan penyakit kulit, penyakit kuning (Lever), diare dan lain sebagai, papar Mulyadi, (AD, Kominfomas JP).


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait