Walikota Minta Lurah dan Camat Aktifkan Siskamling

Jakarta Pusat, -- Untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan pasca bom Sarinah Thamrin, Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede minta kepada seluruh lapisan masyarakat supaya meningkatkan siskamling serta tamu yang berkunjung lebih dari satu hari supaya melapor ke RT/RW. Jelas Mangara saat memantau peningkatan pengamanan di lingkungan Kantor Walikota, Jum’at sore ( 15/1 ).

Walaupun pasca bom Sarinah Thamrin kondisi Kota Jakarta sudah normal dan aman, namun semua pihak jangan lengah dan tetap harus waspada. Sistem keamanan lingkungan ( Siskamling ) mulai sekarang harus diaktifkan kembali, guna antisipasi tindak kejahatan dipermukiman warga.

“ Lurah dan Camat harus mengaktifkan kembali siskamling, buat surat edaran untuk RT/RW agar mengaktifkan kembali siskamling “. Selain itu juga 1 X 24 jam tamu wajib lapor ke RT/RW dan di data indentitasnya, tegas Mangara.

Menurut Mangara, aksi teror di Kota Jakarta sebenarnya tidak usah ditakuti, namun seluruh pihak harus waspada. “ Pada prinsipnya kita tidak usaha takut menghadapi teror. Tapi kita harus waspada, dan saya minta Camat, lurah dan RT/RW  memberlakukan lagi tamu yang datang wajib melapor.

Ini sesuai dengan pergub 168 tahun 2014 pasal 15 ayat 2 pedoman RT/RW tentang wajib lapor serta instruksi Walikota Jakarta Pusat No. 01 tahun 2016, tanggal 15 Januari 2016 tentang Tamu Wajib Lapor 1 X 24 Jam.

Mangara memaparkan, untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta mengantisipasi kerawanan, lurah dan camat harus meningkatkan koordinasi dengan tiga pilar (Pemda, TNI dan Polri). Sementara kepada aparat  RT/RW  harus melakukan pendataan dan pengawasan bagi pendatang baru di lingkungannya masing-masing.

Dihimbau kepada seluruh pusat perbelanjaan seperti pertokoan, mall, pasar serta kantor pemerintah dan swasta  supaya meningkatkan pengawasan  dan pengamanan, guna memperkecil ruang gerak teroris, imbuh Mangara. (AD)

 

 

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait