Walikota Optimis PBB Jakpus Mencapai Target

Jakarta Pusat, -- Melihat animo masyarakat (wajib pajak) pada pekan panutan PBB P-2 yang digelar Sudin Pelayan Pajak Jakpus yang begitu tinggi. Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, merasa optimis dan yakin penerimaan PBB P-2 Jakarta Pusat (Jakpus) tahun 2016 akan mencapai target. “ Saya yakin dan optimis PBB Jakpus akan mencapai target.  Karena sekarang ini masyarakat semakin sadar akan peraturan yang berlaku,” kata Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede saat membuka pekan panutan PBB P-2 di ruang serbaguna Kantor Walikota, Kamis (25/8).

Dikatakan, sampai tanggal 24 Agustus 2016 pihaknya baru berhasil merealisasikan penerimaan PBB sebesar Rp. 657.29 miliar ( 55.4%) dari target yang tentukan sebesar Rp. 1,187 triliun.

Penerimaan  PBB-P2 merupakan primadona sumber pendapatan asli daerah (PAD) Pemrov DKI Jakarta yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat, seperti untuk pendidikan , kesehatan, pembangunan infrastruktur dan sebagainya. Untuk itu pencapaian target penerimaan pajak daerah sangat diharapkan, tutur Mangara.

Diakui, penerimaan PBB P-2 Jakarta Pusat baru mencapai 55.4 %, “ tapi ia yakin akan mencapai target. ”Untuk itu saya berharap kesadaran para wajib pajak agar segera membayar PBB, supaya pengumpulan PBB tahun ini dapat tercapai dan bahkan melampaui target yang telah ditentukan”.

Mangara menegaskan agar segera membayar PBB sebelum 31 Agustus, “Karena kalau sampai lewat yang rugi kalian semua sebab akan kena denda. Jika wajib pajak tidak melunasi PBB akan di pasangi plang besar-besar. “ Bahwa tanah ini belum bayar PBB, “ tegas Mangara.

Ka.Sudin Pelayanan Pajak Jakarta Pusat, Wiranada, menjelaskan untuk mencapai target penerimaan PBB P-2 tahun 2016 Jakarta Pusat, selain diadakan pekan panutan, pihaknya juga berkoordinasi dengan camat, lurah, dan instansi terkait agar jemput bola kepada wajib pajak.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengamankan rencana/target penerimaan PBB di wilayah Jakpus tahun 2016 yaitu sebesar Rp. 1,187 triliun dan baru terealisasikan hingga 24 Agustus sebesar Rp. 657.29 Miliar ( 55,4% ). Diharapkan, dengan adanya pekan panutan PBB P-2, perolehan PBB Jakpus akan signitifikan,

Wira menambahkan, penerimaan PBB P-2 pada pelaksanaan pekan panutan pembayaran PBB P-2 yang mengundang sekitar 300 wajib pajak perorangan dan pengusaha, dalam waktu dua jam ( Pukul 10.00 hinggan 12.00 ) berhasil memperoleh penerimaan PBB P-2 sebesar Rp 33.651.732.179 ,- dari 66 wajib pajak yang membayar PBB. Dan itu belum termasuk wajib pajak yang membayar menggunakan Kliring, jelasnya. (AD Komifomas JP).


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait