Warga Gang Hijau Utan Panjang Tata Wilayah Pemukiman Jadi Asri

Ratusan pot Tanaman Obat Keluarga (Toga) membuat asri wilayah RW 07, Jalan Utan Panjang, Gang R, Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (5/6). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Ratusan pot Tanaman Obat Keluarga (Toga) membuat asri wilayah RW 07, Jalan Utan Panjang, Gang R, Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (5/6).

Saat ditemui Ketua RW 07, Kelurahan Utan Panjang, Nur Ali menerangkan, konsep Gang Hijau tersebut sudah diimplementasikan sejak tahun 2017 lalu.

"Di sini warga gotong-royong menata wilayah permukiman menjadi asri sekaligus melakukan perawatan tanaman," ujar Nur.

Menurutnya, berkat sosialisasi yang terus dilakukan warga semakin memiliki kesadaran untuk membuat lingkungan menjadi nyaman, asri, dan bersih.

Bahkan, lanjutnya, warga secara sukarela mengeluarkan uang untuk berbagai keperluan tanaman. "Sekarang sedang kita kembangkan juga untuk menambah tanaman produktif, utamanya sayur-mayur," jelasnya.

Sementara, Lurah Utan Panjang, Ety Kusmiyati mengatakan, saat ini sudah ada 5 RT dari 2 RW di wilayahnya yang sudah menerapkan konsep Gang Hijau.

"Dua RW itu yakni, RW 07 dan RW 01. Kami akan terus sosialisasi agar Gang Hijau di Utan Panjang bisa terus bertambah dan terjaga kelestariannya," tandasnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/Christ  


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait